AHY Sesalkan Puisi Sukmawati

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 03 Apr 2018 19:30 WIB
Kasus Hukum Sukmawati
AHY Sesalkan Puisi Sukmawati
Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkunjung ke Malang, Selasa 3 April 2018

Malang: Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyesalkan puisi berjudul 'Ibu Indonesia' yang dibacakan Sukmawati Soekarputri beberapa waktu yang lalu. Puisi tersebut memang tengah diperbincangkan karena dinilai sejumlah pihak telah melecehkan agama Islam.

"Saya terus terang tidak berada di acara itu. Tapi setelah saya mendapatkan informasi dari berbagai pihak, saya menyesalkan puisi itu," kata AHY saat kunjungannya di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa 3, April 2018.

AHY menilai puisi tersebut dapat menyinggung sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama umat islam. Bahkan putra dari mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini mengaku puisi tersebut dibacakan tidak pada tempatnya.

"Saya pribadi tidak setuju dan terus terang merasa terganggu ketika ada kalimat-kalimat yang membandingkan suara azan dengan kidung," beber suami dari Annisa Pohan ini.

Karena itu, AHY mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar bisa menjaga dan menahan diri untuk tidak terpancing dengan isu puisi ini. Sebab, dampaknya bisa menghadirkan suasana yang buruk di Indonesia.

"Jangan terpancing dengan provokasi yang mungkin dilancarkan oleh pihak tertentu yang mencoba menggunakan isu puisi ini kemudian dikaitkan dengan siu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) lalu mempolitisasinya secara berlebihan," ungkapnya.

Selain itu, AHY berpesan kepada seluruh tokoh agar mampu bersikap dengan baik saat menyampaikan pendapat di muka umum. Sehingga, toleransi dan tenggang rasa di antara sesama masyarakat Indonesia dapat terjaga.

Sebagai informasi, puisi dari Sukmawati mendapat kecaman dari sejumlah pihak karena dianggap melecehkan umat Islam. 

Adik kandung Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu membacakan puisi dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di ajang Indonesia Fashion Week 2018, di Jakarta Convention Centre, Rabu, 28 Maret 2018.



(ALB)