Tugas Polisi Jombang Berkurang dengan Keberadaan Tol

Nurul Hidayat    •    Rabu, 13 Jun 2018 16:30 WIB
jalan tol
Tugas Polisi Jombang Berkurang dengan Keberadaan Tol
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Jombang: Pengoperasian ruas tol yang melintasi Kabupaten Jombang, Jawa Timur, jadi berkah tersendiri bagi polisi lalu lintas. Petugas Satlantas Polres Jombang tidak lagi disibukkan rekayasa lalu lintas.

Tiap musim mudik tiba, Polres Jombang biasanya mengatur titik langganan macet di Kabupaten Jombang. Di antaranya di Kecamatan Mojoagung dan Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Anggota Tim Joker Satlantas Polres Jombang, Bripka Puguh Setihoko, mengaku harus berjibaku untuk mengurai macet setiap hari sepanjang musim mudik.

"Jika tahun lalu di saat yang sama, pada H-2 Lebaran satu hari bisa tiga kali ganti baju dinas karena basah oleh keringat, namun tahun ini sudah tidak lagi," kata dia saat bertugas di Pol Pantau Kecamatan bandar Kedungmulyo Jombang. Rabu 13 Juni 2018.

Jalan nasional yang biasanya padang malah tampak lengang. Tugasnya di jalan raya sedikit lebih ringan.

"Sekarang pengaturan arus hanya dilakukan jika ada penyeberang jalan serta kereta api yang melintas," kata dia.

Saat tol masih belum beroperasi, antrean kendaraan bisa mencapai 30 menit saat kereta api melintas. Kini dia hanya perlu memakan waktu lima menit untuk sistem penarikan arus.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, tugas anggotanya di lapangan lebih ringan.

"Jika tahun depan seluruh ruas tol dari Surabaya menuju Solo bisa dioprasionalkan maka tidak akan ada lagi kemacetan di jalan nasional Surabaya–Madiun," dia meyakini.


(SUR)