Empat Orang Calhaj Ditunda Karena Terkendala Visa

Amaluddin    •    Rabu, 02 Aug 2017 12:43 WIB
haji 2017
Empat Orang Calhaj Ditunda Karena Terkendala Visa
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Empat calon haji dari Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, mengalami penundaan keberangkatan ke Tanah Suci. Pasalnya, visa mereka belum dikirim dari Jakarta.

"Sebelumnya ada sekitar 93 calon haji yang keberangkatannya ditunda karena terkendala visa. Sekarang tinggal empat," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Achmad Faridul Ilmi, dikonfirmasi, Rabu, 2 Agustus 2017.

Farid belum mau memastikan kapan visa keempat orang calon haji asal Bojonegoro dari Kloter 14 itu dikirim. Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama.

Meski demikian, Farid memastikan keempat orang calon haji tersebut tetap akan berangkat ke Tanah Suci. Saat ini, mereka berada di Asrama Haji Embarkasi Sukolilo (AHES) Surabaya.

"Mereka yang mengalami penundaan keberangkatan, nantinya bakal diisi oleh jemaah asal daerah penyangga (Bojonegoro). Kami jamin seluruh CJH yang tunda keberangkatan tetap mendapat fasilitas memadai selama di asrama haji," kata Farid.

Selain empat calon haji, ada tiga calon haji gagal berangkat haji karena meninggal. Ketiga orang itu bernama Soemyatoen Hoesin Mochhamad, 78, asal Surabaya Kloter 10. Kemudian Aminah Matal Moyokarto, 62, dan Imam Sofyan Suwikyo, keduanya berasal dari Tulungagung kloter 8. 

"Ketiganya meninggal di daerah masing-masing. Kursi untuk ketiga calon haji ini akan diisi oleh jemaah cadangan," kata Farid.

Hingga saat ini, Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 13 Kloter atau sebanyak 5.850 calon haji ke tanah suci. Artinya masih ada 70 kloter atau 29.420 calon haji yang belum berangkat. Kini, mereka menunggu jadwal keberangkatan dari masing-masing kloter.


(ALB)