Pintu Golkar Terbuka Lebar untuk Khofifah di Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Jumat, 18 Aug 2017 17:34 WIB
pilgub jatim 2018
Pintu Golkar Terbuka Lebar untuk Khofifah di Pilgub Jatim
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa --MTVN/Rofahan--

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Harian DPD Partai Golkar Jawa Timur, Freddy Purnomo, menyatakan pintu partainya masih terbuka bagi siapapun kandidat cagub/cawagub Pilgub Jatim 2018. Tak terkecuali Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa.

"Bagi siapa saja terbuka untuk diusung Golkar, termasuk Ibu Khofifah," kata Freddy, di kantor DPD Partai Golkar Jatim, Jalan A. Yani, Surabaya, Jumat, 18 Agustus 2017.

DPD Partai Golkar Jatim membuka pendaftaran cagub/cawagub Pilgub Jatim sejak 7 hingga 19 Agustus 2017. Namun, sampai saat ini baru tiga nama yang telah mendaftar Pilgub Jatim ke Golkar Jatim. 

Mereka adalah Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, kemudian mantan Pangdam Bukit Barisan, Mayor Jendral Purn Estu Hari Subagyo, dan mantan Sekretaris Militer Kepresidenan, Kombes Pol Syafiin.

"Besok (Sabtu) pendaftaran bakal ditutup. Kita (DPD Golkar Jatim, red.) hanya merekomendasikan kandidat yang daftar di DPD Golkar ke DPP," ujarnya.

Sampai saat ini, Golkar belum memiliki jagoan yang bakal diusung di Pilgub Jatim. Sebab, kata Freddy, partainya terlebih dahulu akan melakukan survei internal September mendatang, atau setelah pendaftaran cagub/cawagub ditutup.

"Jadi, kami akan survei dulu kandidat yang telah mendaftar. Baru setelah itu akan ditentukan siapa kandidat yang bakal diusung, yang jelas yang bakal diusung unggul dala survwi," katanya.

Selanjutnya, kata Freddy, Golkar juga akan membangun komunikasi politik dengan partai politik (parpol). Ini dilakukan mengingat Golkar hanya memiliki 11 kursi di parlemen, masih kurang 9 kursi untuk bisa mengusung cagub/cawagub di Pilgub Jatim.

"Kita perlu koalisi, jadi memang harus bangun komunikasi politik. Koalisi dengan partai apa, nanti dulu lah," kata Freddy.


(ALB)