Makna Kemerdekaan Menurut Bupati Jombang

Nurul Hidayat    •    Kamis, 17 Aug 2017 16:54 WIB
hut rihut kemerdekaan
Makna Kemerdekaan Menurut Bupati Jombang
Upacara peringatan ulang tahun ke-72 Republik Indonesia di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Makna kemerdekaan yang sesungguhnya adalah ketika rakyat merdeka dalam segala hal. Tidak hanya merdeka dari penjajahan, tapi juga bebas dalam seluruh aspek kehidupan.

"Seluruh aspek kehidupan harus dapat dinikmati rakyat, yakni ekonomi, sosial, keamanaman, ketahanan pangan, dan seluruh aspek kehidupan lainnya," kata Bupati Jombang Nyono Suharli Wihadoko usai upacara peringatan ulang tahun ke-72 Republik Indonesia di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis 17 Agustus 2017.

Nyono mengatakan, generasi sekarang memiliki tugas menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif. "Tentunya harus diisi dengan tugas dan profesi masing-masing," imbuhnya.

Terpisah, Kapolres Jombang Ajun Komisaris Besar Agung Marlianto mengatakan, tantangan terbesar bagi Bangsa Indonesia saat ini adalah intoleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Perlu pemahaman sikap Bhineka Tunggal Ika sebagai langkah pencegahan.

"Sehingga, tidak ada lagi sekat suku, agama, dan ras. Semua perbedaan tersebut telah terangkum dalam kata Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Jadilah Indonesia," pungkasnya.


(NIN)