Calhaj Asal Surabaya Sebanyak 2.978 Orang

Amaluddin    •    Senin, 24 Jul 2017 15:50 WIB
haji 2017
Calhaj Asal Surabaya Sebanyak 2.978 Orang
Ilustrasi jemaah haji/MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Surabaya: Jumlah calon jemaah haji asal Surabaya pada 2017 ini sebanyak 2.978 orang, meningkat 1.161 orang dari tahun lalu yang hanya 1.817 orang. Ribuan jemaah itu akan terbagi dalam 26 kelompok terbang (kloter) Embarkasi Surabaya.

"Untuk kloter pertama dari embarkasi akan berangkat Jumat 28 Juli 2017. Jadi sehari sebelumnya mereka sudah masuk ke embarkasi Surabaya," kata Kabag Humas Kanwil Kemenag Jawa Timur, Markus, Senin, 24 Juli 2017.

Menurut Markus, semua calon jemaah haji diwajibkan menginap dan istirahat lebih dulu di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, sehari sebelum berangkat ke Tanah Suci. Karena sehari setelahnya langsung diangkut ke Bandara Juanda Surabaya untuk diterbangkan ke Tanah Suci. 

"Kloter pertama itu akan terbang pukul 10.00 WIB dan tiba di Madinah pukul 16.20 di hari yang sama," katanya.

Markus bilang, para calon jemaah haji itu akan diangkut dengan pesawat Saudi Arabia Airlines. Semua barang bawaan para jemaah akan diperiksa terlebih dahulu di Asrama Haji Sukolilo. 

Sebab, kata dia, ada tradisi banyak calon jemaah haji yang hendak ke Tanah Suci membawa bawaan yang aneh-aneh. Misalnya jimat, obat kuat, dan obat-obatan tradisional. 

"Nanti yang bertugas memeriksa adalagh petugas Imigrasi dan Bea Cukai, sebaiknya itu dihindari dan tidak boleh dibawa ke tanah suci," ujarnya.

Markus mengimbau sebelum berangkat, para jemaah harus menjaga kesehatan dan mulai membiasakan diri untuk berlari-lari kecil serta berjalan kaki. Jemaah juga diimbau tidak membawa barang-barang berbahaya dan mematuhi ketentuan penerbangan.

Total kuota calon jemaah haji Jatim pada 2017 ini sebanyak 35.270 orang. Saat ini, jumlahnya masih perlu di-update karena ada juga sejumlah calon jemaah yang dilaporkan meninggal.

Untuk kloter pertama jemaah haji Embarkasi Surabaya akan berangkat ke Tanah Suci pada 28 Juli mendatang. Mereka akan kembali tiba di Surabaya pada 7 September. Sedangkan kloter terakhir akan berangkat pada 25 Agustus dan kembali ke Surabaya pada 6 Oktober 2017.


(ALB)