Terduga Teroris di Jatim Jaringan Abu Jandal

Amaluddin    •    Senin, 19 Jun 2017 16:40 WIB
penggerebekan teroris
Terduga Teroris di Jatim Jaringan Abu Jandal
Tim Densus 88 berjaga-jaga di lokasi penangkapan SM, di Jalan Wijaya, Kelurahan, Pagentan, Singosari Malang. --Foto: MTVN/ Adit--

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memastikan dua terduga teroris yang ditangkap di Surabaya dan Malang adalah jaringan Abu Jandal Al-Yemeni Al-Indonesi. Abu Jandal adalah pentolan ISIS asal Malang, yang pernah menantang Panglima TNI melalui YouTube beberapa tahun lalu. 

"Yang pasti, kedua orang ini jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al-Yemeni al-Indonesi," jelas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, di Surabaya, Senin, 19 Juni 2017.

Kedua terduga teroris itu adalah SM. Ia ditangkap Tim Datasamen Khusus Antiteror 88 Markas Besar Polri bersama Polda Jatim di Malang pada Senin pagi.

Kemudian pada siangnya, Densus bergerak ke Surabaya dan menangkap ATM di sebuah rumah di Jalan Raya Kenjeran II, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. "Dia ini juga pernah ikut deklarasi ISIS di Mega Mendung, Malang," kata Barung.

Saat ini, SM ditahan di Mako Brimob Malang. Sementara ATM ditahan di Surabaya. "Kami masih dalam pengumpulan barang bukti," kata Barung.



(ALB)