Usung Kader NU, PDIP Bakal Konsolidasi di Jatim Bulan Ini

Amaluddin    •    Sabtu, 02 Sep 2017 17:38 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
Usung Kader NU, PDIP Bakal Konsolidasi di Jatim Bulan Ini
Ilustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi

Metrotvnews.com, Surabaya: PDIP pastikan usung kader NU di Pilgub Jatim 2018. Kepastian ini akan ditindaklanjuti dengan sowan ke kiai-kiai sepuh NU di Jatim pada bulan September ini.

"Yang jelas, Bu Mega sudah memerintahkan Wasekjen DPP PDIP Ahmad Basarah untuk sowan ke kiai-kiai di Jatim," kata Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, di Surabaya, Sabtu, 2 September 2017.

Kusnadi menegaskan, sowan itu dilakukan untuk bekerjasama dengan nahdliyin pada Pilgub Jatim. Sebab, Jatim merupakan rumahnya nahdliyin.

"Kita sadari betul Jatim rumahnya nahdliyin. Oleh karena itu, kita tidak bisa hanya bekerjasama tanpa sowan ke kiai-kiai sepuh NU di Jatim," katanya.

Baca: PDIP Pastikan Usung Kader NU di Pilgub Jatim

PDIP, lanjut Kusnadi, tidak akan mengusung kader NU jika tidak mendapat restu dari para kiai sepuh NU di Jatim. Karena NU itu identik punya para kiai dan ulama.

"Ibarat kita mau melamar anak orang, kita harus mendatangi orang tuanya. Jangan sampai anaknya kita bawa pergi, masa kawin lari. Makanya kita akan minta izin dan restu para kiai," ujarnya.

Siapa diusung?

Namun Kusnadi tak menyebut siapa kiai sepuh NU yang dimaksud. Ia juga merahasiakan siapa kader NU yang bakal diajukan ke para kiai sesepuh NU.

Sampai saat ini hanya dua nama kader NU yang digadang-gadang bakal maju sebagai cagub di Pilgub Jatim. PDIP masih engga bicara apakah mereka bakal mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa atau Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Namun indikasi kuat masih mengarah ke Gus Ipul. "Siapa yang akan kita usung? Yang jelas calon yang sudah daftar ke PDIP hanya ada satu nama, yakni Gus Ipul," ujarnya.

Klik juga: Gus Ipul Ingin Berbagi Tugas dengan Khofifah


Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Foto: MTVN/Amaluddin

Bulan ini, menurut Kusnadi, merupakan target PDIP bakal mengarahkan dukungan kepada kandidat cagub Pilgub Jatim. Pada bulan September ini, PDIP juga akan melakukan konsolidasi terkait Pilkada serentak.

"Yang jelas kami akan konsolidasi dengan DPP. Kebetulan pada tanggal 10 September ini, Bu Megawati akan turun ke Jatim untuk meresmikan kantor DPC di Malang, dan setelah itu semua kader PDIP se- Jatim dan seluruh kepala daerah dari PDIP di Jatim akan hadir untuk membahas Pilkada di Jatim," kata Kusnadi.


(SUR)