Gus Ipul Ingin Perkuat Industri Ukiran dan Batik Sumenep

Rahmatullah    •    Selasa, 27 Mar 2018 11:14 WIB
pilgub jatim 2018
Gus Ipul Ingin Perkuat Industri Ukiran dan Batik Sumenep
Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Medcom.id - Rahmatullah

Sumenep: Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berjanji mencarikan pasar untuk produk ukiran dan batik asal Sumenep. Menurut Gus Ipul, itu cara dirinya memperkuat perekonomian warga Sumenep dari produksi dua kerajinan tersebut.

Di Sumenep, pusat kerajinan ukir berlokasi di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan. Sedangkan sentra batik batik berada di Desa Pakandangan Barat, Kecamatan Bluto.

"Saya ingin memperkuat pasar ukiran dan batik khas Sumenep ini," kata Gus Ipul saat mendatangi dua tempat industri kreatif tersebut, Senin, 26 Maret 2018.

Gus Ipul menilai dua industri kreatif itu harapan masa depan. Apalagi, katanya, Jawa Timur berkontribusi sebesar 18 persen pendapatan untuk industri kreatif nasional. 

Gus Ipul mengatakan industri kreatif di Jatim didominasi tiga hal. Yaitu kuliner, fesyen, dan kerajinan.

"Seni ukir Karduluk itu sudah bersaing dengan ukiran di Bali, Jepara, atau Sumatera Selatan. Dan punya ciri khas sendiri. Ketika dibawa ke pameran juga cukup laku," ungkap Gus Ipul. 

Dia berjanji akan menggenjot promosi hasil kerajinan tersebut, sehingga pasarnya semakin kuat. 

Selain itu, Gus Ipul juga ingin meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pengrajin. Dia ingin pengrajin memproduksi ukiran dan batik sesuai kebutuhan zaman. 

"Tantangannya adalah menghadirkan warna dan desain yang sesuai dengan kebutuhan hari ini. Saya ingin ikut memperkuat pasar, SDM dan sekaligus pembiayaannya," tandas Gus Ipul.


(RRN)