Perekaman KTP-el Ditarget Rampung sebelum Pemutakhiran DPT

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 05 Oct 2017 11:39 WIB
e-ktp
Perekaman KTP-el Ditarget Rampung sebelum Pemutakhiran DPT
Warga mengantre mengurusi E-KTP di Dispendukcapil Kabupaten Malang, MTVN Aditya

Metrotvnews.com, Malang: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengebut proses perekaman KTP elektronik (KTP-el). Pemprov menargetkan proses perekaman rampung pada November 2017.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Purnadi, mengatakan 2,1 juta penduduk wajib memiliki KTP-el. Hingga Kamis 5 Oktober 2017, masih kurang lebih 4.000 warga yang belum melakukan perekaman.


(Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Purnadi, MTVN - Aditya Mahatva)

"Insyaallah November, target kekurangan perekaman KTP-el warga Kabupaten Malang bisa diselesaikan, " ujar Purnadi di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang, Jalan Trunojoyo.

Purnadi mengaku mengebut proses perekaman untuk mencapai target. Sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat memutakhirkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jatim 2017.

Bilapun tak mengantongi blanko KTP-el, warga yang sudah merekam tetap dapat menggunakan hak suara. Caranya yaitu menunjukkan surat keterangan yang diterbitkan Dispendukcapil.

Dispendukcapil Kabupaten Malang,  optimis Warga Kabupaten Malang bisa memilih semua pada Pilgub nanti. Kalaupun ada yang belum memiliki KTP - el, tapi sudah melakukan perekaman KTP- el tetap bisa ikut memilih dengan menunjukkan Surat Keterangan (Suket) yang diterbitkan oleh Dispendukcapil.

"Bila ada warga yang tak terdaftar di DPT, harap segera melapor ke KPU, agar imasukkan di daftar pemilih tambahan," kata Ketua KPUD Kabupaten Malang, Santoko.


(RRN)