Tiga Instansi bakal Bergabung ke MPP Surabaya

Amaluddin    •    Selasa, 07 Nov 2017 17:07 WIB
pelayanan publik
Tiga Instansi bakal Bergabung ke MPP Surabaya
Mal Pelayanan Publik di Surabaya. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Mal Pelayanan Publik (MPP) di Surabaya, Jawa Timur, bakal bertambah tiga instansi baru. Tiga instansi itu adalah Imigrasi, Direktorat Jendral Pajak (DJP), dan Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan (BPJS).

“Saat ini masih proses sebelum diresmikan di MPP ini,” kata Siswono, salah satu petugas Pemkot Surabaya di MPP Jalan Tunjangan, Surabaya, Selasa 7 November 2017.

Dengan bertambahnya tiga instansi baru itu, nantinya total akan ada enam instansi. Saat ini tiga instansi yang telah beroperasi di MPP, yaitu Pemkot Surabaya, Polrestabes Surabaya, dan PDAM Surabaya. 

“Jadi nanti total akan ada enam instansi,” ujarnya.

Dari tiga instansi itu, kini ada 154 jenis perizinan pelayanan publik di MPP Surabaya. Ratusan jenis perizinan itu terdiri dari 20 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surabaya, kemudian pelayanan PDAM, dan pelayanan pembuatan SKCK, SIM, dan Surat Tanda Laporan Kehilangan (STLK).

Terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus Surabaya, Tarmin Satiawan, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan proses pelayanan imigrasi di MPP. "Kami akan bergabung untuk memberikan pelayanan di Mal Perizinan Satu Atap di Siola," kata Tarmin.

Baidowi, warga Bratang, Surabaya, menyambut baik akan adanya tiga instasi baru di MPP. Kata dia, masyarakat tidak perlu mondar-mandir ke instansi-instansi di Surabaya untuk mendapat pelayanan publik.

“Misal kalau kita mau bikin paspor, enggak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor Imigrasi di Surabaya Timur, cukup datang ke satu tempat di MPP,” ujarnya.



(ALB)