Warga Keluhkan Lambannya Mal Pelayanan Publik Surabaya

Amaluddin    •    Senin, 06 Nov 2017 18:58 WIB
perizinanpelayanan publik
Warga Keluhkan Lambannya Mal Pelayanan Publik Surabaya
Situasi pelayanan di Mal Pelayanan Publik di Surabaya. Foto: MTVN/Amaluddin.

Metrotvnews.com, Surabaya: Warga mengeluhkan pelayanan di Pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Surabaya, Jawa Timur. Mereka menilai pengurusan izin masih terasa lamban.

“MPP ini memang bagus, dan memudahkan masyarakat. Tapi pelayanannya sangat lamban,” kata Mohammad Fahrul, warga Rungkut, Surabaya, saat ditemui di MPP Surabaya, Senin, 6 November 2017.

Fahrul datang ke MPP seorang diri sekitar pukul 09.00 WIB. Pemuda berusia 33 tahun itu ingin mengurus izin lingkungan untuk mendirikan usaha.

“Setelah semua berkas saya serahkan, saya disuruh nunggu lama. Sampai lima jam, jelang sore belum selesai,” keluhnya.

Selain pelayanan lamban, warga juga harus sabar ikut antrean yang mengular. Antrean ini terjadi karena beberapa loket yang dibuka untuk melayani masyarakat tidak ada yang menjaga.

“Loketnya banyak, tapi yang buka cuma tiga loket. Pelayanannya lama, antrenya juga lama. Mestinya pelayanan seperti ini harus diperbaiki lagi,” katanya.

Rosyidah (47), warga Banyuurip, Surabaya, juga merasakan hal sama. Meski datang sejak pukul 11.00 WIB, Akte Kelahiran yang ia urus tak kunjung selesai.

“Saya juga enggak tahu kenapa, kemarin juga gitu antre lama banget sampai sore,” ujarnya.

Pantauan di MPP Surabaya, ada sekitar 15 loket pelayanan di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA), antara lain meliputi izin usaha, pariwisata, perdagangan, beragam perizinan lain. Namun, hanya ada sekitar 6 loket yang dibuka untuk melayani publik.

Pemandangan sama juga terlihat di pelayanan Dispendukcapil Surabaya. Hanya ada beberapa loket pelayanan untuk publik.

“Sebenarnya semua loket buka mas, tapi petugasnya ada yang istirahat. Jadi gantian yang bertugas,” ujar salah satu petugas pria yang enggan menunjukkan identitasnya itu.


(SUR)