Edarkan Sabu, Oknum PNS Sidoarjo Ditangkap

Syaikhul Hadi    •    Senin, 17 Jul 2017 15:22 WIB
sabu
Edarkan Sabu, Oknum PNS Sidoarjo Ditangkap
Oknum PNS di Sidoarjo digiring Polresta Sidoarjo. MTVN/Hadi--

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Satuan Reserse Narkoba Polresta Sidoarjo menangkap seorang oknum PNS PDAM Sidoarjo, berinisial RF, 40. Warga Desa Pucang, Kecamatan Sidoarjo ini kedapatan menyimpan dan mengedarkan sabu.

Kasat Narkoba Polresta Sidoarjo, Kompol Sugeng Purwanto mengungkapkan, penangkapan RF berdasarkan informasi masyarakat bahawa pengedaran sabu dilakukan dengan sistem ranjau di sekitaran Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Sistem ranjau, yaitu, kurir akan meletakkan sabu di sebuah tempat dan meninggalkannya. Pembeli mengambil sendiri barang haram tersebut.

"Dari RF, petugas mendapati tiga buah paket yang dibungkus dengan plastik dan ditaruh di dalam amplop dan saku celana. Totalnya sekitar 1,08 gram," kata Kompol Sugeng di Mapolresta Sidoarjo, Senin, 17 Juli 2017.

Hasil pengembangan, RF mendapati barang haram tersebut dari seorang temannya berinsial I yang juga sudah ditangkap polisi. "Jadi, barang tersebut di ranjau sama I dan diambil sama RF di Pandaan, Pasuruan sepulangnya dia dari sana, baru kami lakukan penggeledahan," terangnya.

Dari keterangan RF, tersangka sudah melakukan bisnis haramnya itu sejak 6 bulan lalu. Hingga saat ini, tersangka sudah melakukan transaksi edar sebanyak tiga kali.

"Setiap transaksi, per gramnya dia mendapat 0,25 gram. Dan per 0,25 gram dijual seharga Rp200-250 ribuan. Selain di edarkan juga dipakai sendiri," jelasnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) UURI No.35/2009 tentang Narkotika.


(ALB)