Lagi, Malaysia Deportasi Ratusan TKI Asal Jatim

Amaluddin    •    Senin, 24 Jul 2017 21:06 WIB
tki illegal
Lagi, Malaysia Deportasi Ratusan TKI Asal Jatim
Ilustrasi/MI/Seno

Metrotvnews.com, Surabaya: Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Timur di Malaysia kembali dideportasi ke Tanah Air. Mereka dideportasi karena tidak sesuai prosedural alias TKI ilegal.

"Jumlah TKI yang dideportasi dari Malaysia jumlahnya sebanyak 307 TKI, tiba di Disnakertransduk Jatim kemarin Minggu, 23 Juli 2017, dini hari," kata Kepala Disnakertrans Jatim, Setiajit, dikonfirmasi, Senin, 24 Juli 2017.

Rinciannya, sebanyak 302 orang dewasa, dua orang anak-anak, dan tiga bayi. Dari jumlah itu, sebanyak 265 orang masuk ke Malaysia melalui tekong (penyalur tenaga kerja gelap), dan 35 orang menjadi pelancong berangkat sendiri. 

"Keberangkatan mereka sebagai TKI non prosedural ini sebelumnya melalui Batam, lalu ke Tanjung Pinang, dan Dumai," katanya.

Untuk itu, Setiajit berharap instansi/lembaga terkait untuk menangkap para tekong yang menjual TKI ke Malaysia. kata Setiajit, para tekong ini bisa dijerat pasal kejahatan tindak pidana perdagangan orang sebagaimana diatur dengan UU No 21 Tahun 2017. 

“Untuk pelayanan penempatan ke luar negeri sebaiknya harus melalui satu pintu dengan syarat kemudahan pelayanan, biaya murah, dan waktu pelayanan lebih cepat," ujarnya.

Sejak Januari hingga 22 Juli 2017, kata Setiajit, ada 2.675 TKI ilegal telah deportasi dan dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing. TKI ilegal ini sebesar 92 persen berprofesi buruh bangunan/kuli, 2,6 persen karyawan restoran, 3,3 persen cleaning service, 1,62 persen bekerja di pabrikan, 0,06 persen bekerja di perkebunan, dan 0,33 persen sebagai penata laksana rumah tangga (PLRT).


(ALB)