83 Kloter Haji akan Berangkat dari Juanda

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 11 Jul 2017 13:03 WIB
haji 2017
83 Kloter Haji akan Berangkat dari Juanda
General Manager Angkasa Pura I Juanda, Yuwono saat konferensi pers di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jatim, Selasa (11/7/2017). (Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Manajemen PT. Angkasa Pura I Bandara Juanda Surabaya sudah melakukan kesiapan pemberangkatan haji 2017. Tahun ini, ada sekitar 83 kelompok terbang (kloter) haji yang hendak diberangkatkan ke Tanah Suci.

General Manager Angkasa Pura I Juanda, Yuwono, mengatakan, aneka persiapan telah dilakukan. "Mulai dari SDM, angkutan haji, maupun segala peralatannya juga sudah kami persiapkan," ujar Yuwono saat di Bandara Juanda, Selasa, 11 Juli 2017.

Tahun ini, lanjut Yuwono, ada kenaikan jumlah kloter dibandingkan tahun lalu. Jika sebelumnya ada sekitar 64 kloter, saat ini sekitar 83 kloter yang akan diberangkatkan.

"Embarkasi akan dimulai pada 28 Juli hingga 26 Agustus. Sedangkan untuk Debarkasi, dilakukan pada 6 September hingga 5 Oktober 2017," jelasnya.

Diakui, selama ini pihak bandara juga rutin melakukan perawatan landasan pacu. Namun, khusus untuk kegiatan pemberangkatan haji, Bandara Juanda Surabaya akan buka 24 Jam. Menurutnya, peranan Angkasa Pura I Juanda menyesuaikan kategori yang ada. Baik kesiapan tim, penambahan peralatan maupun kapasitas.

"Begitu juga dengan pemberdayaan kekuatan personel, membentuk posko pelayanan haji, maupun koordinasi dengan pihak terkait," tambah Yuwono.

"Yang jelas, kami juga menambahkan personel di Sukolilo, dan membuat toilet portabel untuk menunjang fasilitas terhadap jemaah calon haji," tandasnya.


(SAN)