Polisi Klarifikasi Jumlah Korban Tewas Jembatan Widang

Amaluddin    •    Rabu, 18 Apr 2018 14:59 WIB
jembatan rubuh
Polisi Klarifikasi Jumlah Korban Tewas Jembatan Widang
Jembatan Widang Tuban di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ambruk sekitar pukul 10.30 WIB, Selasa, 17 April 2018. Foto: Istimewa

Surabaya: Proses evakuasi korban ambruknya Jembatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, selesai. Satu orang dipastikan meninggal (sebelumnya diberitakan dua korban meninggal) akibat kejadian itu.

"Satu korban meninggal yaitu sopir truk yang posisinya berada paling bawah," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, di Surabaya, Rabu, 18 April 2018.

Setelah proses evakuasi korban selesai, Machfud berharap proses evakuasi truk bisa segera dilakukan. Ada tiga truk dan satu sepeda motor yang terjun ke Sungai Bengawan Solo belum bisa dievakuasi. 

"Evakuasi rencananya kemarin, ternyata dikhawatirkan beban jembatan (yang tidak ambruk) tidak kuat, sehingga menjadi pertimbangan untuk mengevakuasi. Sekarang kita masih mencari solusi," katanya.

Selain korban tewas, ada empat korban lainnya telah dievakuasi. Keempat korban sudah dibawa ke Puskesmas dan RSUD Tuban. 

Berikut korban yang sudah dievakuasi:

1. Muklisin, sopir dump truk varia usaha nopol W 9351 US. Warga Desa Banter, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Korban tewas dan sudah dievakuasi ke RSU Sugiri Lamongan.

2. Saiful Arif, sopir dump truk Varia Usaha nopol S 8569 UE. Warga Gresik. Korban selamat.

3. Sopir dump truk Varia nopol S 8227 UE. Identitas belum diketahui. Korban luka berat.

4. Ubaidillah Masum, warga Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang. Korban selamat.

5. Muhammad Rizal, warga Desa Sumurgenduk, Kecamatan Babat Lamongan. Korban selamat.

Jembatan Widang adalah jembatan penghubung Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, dengan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Jembatan ini ambruk, Selasa, 17 April 2018 sekitar pukul 10.45 WIB.

Saat kejadian, satu dum truk muat limbah smelter, dua truk muat pasir, dan satu kendaraan roda dua sedang melintas di jembatan kembar tersebut. 

Untuk sementara, polisi mengalihkan arus lalu lintas ke jalur pantura. Para pengguna jalan harus memutar melalui jalur Brondong Pantura jika ingin ke Tuban atau ke Lamongan.


(ALB)