Sidoarjo Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Kegiatan Antikorupsi

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 31 May 2018 20:21 WIB
pemerintah daerah
Sidoarjo Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Kegiatan Antikorupsi
Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo A Zaini, Kamis, 31 Mei 2018, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kegiatan Pemantapan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) se-Jawa Timur. Kegiatan itu bertujuan membangun dan mengimplementasikan program reformasi di instansi pemerintahan.

Acara berlangsung mulai 4 hingga 5 Juni 2018. Acara digelar di Gedung Serbaguna Sidoarjo Sport Center (SSC) Jalan Lingkar Timur Sidoarjo.

Delegasi dari 30 kabupaten dan kota akan mendapat pengarahan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan zona integrasi menuju WBK dan WBBM. Sehingga, pemerintah daerah dapat menumbuhkembangkan budaya birokrasi antikorupsi, melayani publik, dan sekaligus meningkatkan kepercayaan pada pemerintah.

“Dipilihnya Sidoarjo menjadi tuan rumah diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pelayanan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), memberikan semangat untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dari korupsi dan birokrasi yang melayani,” papar Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo A Zaini di Kantor Setda, Sidoarjo, Kamis, 31 Mei 2018.

Zona integritas merupakan salah satu program yang bertujuan mengakselerasi capaian sasaran reformasi birokrasi, yaitu pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, serta kualitas pelayanan publik yang baik. Namun dalam perjalanan menuju pencapaian sasaran reformasi birokrasi, kendala sering kali dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), dan lemahnya pengawasan.



(RRN)