Sebelum Demo, Warga di Sumenep Salat Gaib untuk Hasyim Muzadi

Rahmatullah    •    Kamis, 16 Mar 2017 12:28 WIB
hasyim muzadi
Sebelum Demo, Warga di Sumenep Salat Gaib untuk Hasyim Muzadi
Ratusan warga di Sumenep melakukan salat gaib untuk Hasyim Muzadi, MTVN - Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Ratusan warga di Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengikuti salat gaib untuk KH Hasyim Muzadi. Mereka trut berduka atas wafatnya Kiai Hasyim yang merupakan tokoh bangsa dan masyarakat Nahdlatul Ulama.

Baca: K.H. Hasyim Muzadi Wafat

Jemaah salat gaib di depan kantor DPRD Sumenep, Kamis 16 Maret 2017. Mereka menggelar salat gaib sebelum berunjuk rasa terkait investasi dari pihak asing di desa mereka.

KH Hatim Al Ashom, pengasuh Pondok Pesantren Raudatus Syabab, memimpin salat. "Beliau adalah panutan masyarakat Indonesia, terutama warga Nahdlatul Ulama. Bangsa Indonesia kehilangan salah satu tokoh penting," kata Kiai Hatim usai memimpin salat.

Setelah salat, warga dari tujuh kecamatan pesisir Sumenep itu berdemonstrasi. Alif, Ketua Pimpinan Cabang Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia Sumenep, mengatakan mereka memprotes penguasaan investor asing di tujuh kecamatan yaitu Bluto, Tlango, Dungkek, Batang-batang, Batu, dan Dasuk.

"Tanah sepanjang pantai dibangun untuk tambak," jelasnya.

Secara ekonomi, kata Alif, penguasaan tanah oleh investor berdampak negatif bagi masyarakat. Masyarakat akan kehilangan alat produksi pertaniannya. Masyarakat nanti juga akan terasing di wilayahnya sendiri.


(RRN)