Lintasan Berstandar F1 Bakal Diuji Coba Akhir November

Amaluddin    •    Kamis, 10 Nov 2016 19:22 WIB
pemerintah kota
Lintasan Berstandar F1 Bakal Diuji Coba Akhir November
Gambar rencana pembangunan Sirkuit Surabaya, sumber foto Dispora Surabaya, dok foto: istimewa

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, bakal menggunakan lintasan sirkuit di komplek Stadion Gelora Bung Tomo pada akhir November 2016. Lintasan itu digadang-gadang menerapkan standar Formula 1 (F1).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya, Afghani, mengatakan Surabaya menjadi tuan rumah kejuaraan nasional balap sepeda motor pada 26 dan 27 November. Rencananya kejuaraan itu digelar di sirkuit tersebut.

"Namun sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bakal meresmikannya," kata Afghani di Surabaya, Kamis (10/11/2016).

Pembangunan lintasan sirkuit, kata Afghani, sudah mencapai 95 persen. Yang kurang yaitu penerangan jalan.

Pemkot, kata Afghani, membutuhkan dana kurang lebih Rp198 miliar untuk membangun sirkuit bertaraf internasional itu. Pemkot menargetkan pembangunan sirkuit dilakukan secara bertahap hingga 2018.

"Itu tergantung pada dananya," lanjut Afghani.

Di tahap awal, ungkap Afghani, Pemkot menggunakan anggaran Rp13,4 miliar. Dana itu berasal dari APBD Surabaya pada 2015 dan 2016.

Kemarin, Risma mengatakan sirkuit di Surabaya menerapkan standar F1. Yaitu jalur lurus sepanjang 450 meter dan lebar 30 meter. Dengan rincian 20 meter untuk lintasan balap, dan lima meter di sisi kanan dan kiri lintasan sebagai zona run-off.


(RRN)