1.171 Orang Daftar ke KPU Jawa Timur sebagai Relawan

Amaluddin    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:23 WIB
pilkada serentak
1.171 Orang Daftar ke KPU Jawa Timur sebagai Relawan
Ilustrasi--Petugas rekapitulasi suara (Foto: Ant/Rudi Mulya)

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 1.171 orang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur sebagai Relawan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi. Mereka mendaftar sejak dibuka dari tanggal 6 hingga 18 September 2016.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, sebanyak 300 orang melayangkan berkas permohonan via pos ke kantor KPU Jawa Timur, di Jalan Raya Tenggilis Nomor 1, Surabaya. Sedangkan 871 orang lainnya mendaftar melalui e-mail KPU Jatim: kpujatim@gmail.com.

"Kami sangat mengapresiasi tingginya minat masyarakat Jatim untuk mengikuti rekrutmen relawan tersebut. Hal ini menunjukkan masa depan demokrasi semakin cerah," kata Gogot Cahyo Baskoro, Rabu (21/9/2016).

Gogot mengatakan, ribuan relawan yang mendaftarkan diri ini akan diseleksi oleh KPU Jatim. Dari jumlah itu, hanya 30 orang yang akan dipilih menjadi relawan. 

"Saat ini kami (KPU Jatim) masih melakukan proses seleksi atas permohonan calon relawan itu. Seleksi berdasarkan persyaratan administrasi yang telah dikirimkan. Ada beberapa pertimbangan yang menjadi syarat," kata dia.

Pertimbangan yang digunakan pada seleksi administrasi adalah domisili, pengalaman pendampingan atau relawan, basis komunitas, dan keterampilan atau pengalaman lain yang menunjang. Nantinya, mereka akan membantu KPU untuk menyukseskan proses penyelenggaraan pemilihan umum. 

"Selanjutnya, 30 orang relawan yang terpilih akan kami bekali pengetahuan mengenai pemilu, demokrasi, dan training of trainer. Mereka akan mengisi banyak ruang lain yang tersedia untuk mewadahi partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu dan berdemokrasi nantinya," ujar dia.

Menurut Gogot, KPU Jatim sengaja menyiapkan relawan sebagai motor pembentukan komunitas peduli pemilu di basis atau wilayah masing-masing. Para relawan rencananya akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan sosialisasi tahapan pemilu yang dilaksanakan KPU Jatim. 

"Pilkada yang sudah mendekati adalah pemilihan gubernur dan wakil gubernur beserta Pilkada Serentak 18 kabupaten/kota di Jatim pada 2018 mendatang. Tahapannya akan dimulai tahun 2017," pungkas dia.


(TTD)