Risma Targetkan Surabaya Punya Trem pada 2019

Amaluddin    •    Minggu, 27 Nov 2016 10:42 WIB
transportasi
Risma Targetkan Surabaya Punya Trem pada 2019
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini optimistis pengerjaan proyek moda transportasi massal alias trem dimulai awal 2017. Perempuan yang akrab disapa Risma itu pun menargetkan proyek tersebut rampung dalam waktu dua tahun pengerjaan.

Risma mengaku mendapat kabar itu setelah rapat dengan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu. Pembahasan mengenai rencana pengadaan trem hampir final.

"Artinya sudah disetujui," kata Risma usai meresmikan sebuah hotel di Jalan Margorejo, Surabaya, Sabtu (26/11/2016).

Risma mengaku kini menunggu Peraturan Presiden tentang trem Surabaya. Pemerintah pusat, lanjutnya, tengah mematangkan peraturan sebelum mulai membangun trem.

"Misalnya kalau sebelumnya dana trem tak pakai dana APBD, sekarang bisa menggunakan dana APBD," katanya.

Selain itu, lanjut Risma, sumber pembiayaan pengerjaan fisik trem hanya satu, yakni dari pusat. Namun, kali ini akan dibagi menjadi dua, yakni prasarana dan sarana. Prasarana seperti rel kereta dan jaringannya, sedangkan sarana meliputi menyediakan gerbong. 

"Nah, kami (Pemkot, red) memilih menghandle membiayai sarananya atau gerbongnya saja," ujarnya.

Untuk pembiayaan sarana itu, kata Risma, pihaknya akan menganggarkan dalam APBD Kota Surabaya 2017. Namun Risma belum bisa menyebut berapa nilai yang akan di APBD 2017 nantinya.

Pada Kamis pekan depan, Risma mengaku akan kembali ke Jakarta, rapat membahas terkait trem. Menurutnya, rapat itu nantinya akan membahas finalisasi formula Perpres yang akan dikeluarkan oleh Presiden. 

"Kalau Perpres terbit, maka PT Waskita langsung bisa mengerjakan trem ini. Kita sudah sepakat dan ditarget selesai 2019," pungkasnya.



(RRN)