Pekan Ini, Lapangan Hoki di Surabaya Diresmikan

Amaluddin    •    Senin, 21 Nov 2016 19:22 WIB
olahraga
Pekan Ini, Lapangan Hoki di Surabaya Diresmikan
Aksi pemain hoki dalam laga PON XIX di Jabar, Ant - Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Surabaya: Fasilitas olahraga di Kota Surabaya, Jawa Timur, terus berkembang. Selain sirkuit kelas F1, lapangan Hoki dan softball berstandar internasional juga bakal dihadirkan di Kota Pahlawan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, M Afghany Wardhana, mengatakan lapangan tersebut berlokasi di depan RSUD dr Soetomo Surabaya. 

"Ibu Wali meresmikan lapangan bertaraf internasional itu pada 23 November 2016 mendatang," kata Aghany di Surabaya, Senin (21/11/2016).

Afghany menjelaskan kedua lapangan menggunakan rumput berkualitas internasional dan sesuai dengan standar Hockey Federation International (FIH). Luas lapangannya 91,4 meter x 55 meter. ukuran gawang dengan tinggi 2.14 meter dan lebar 3,66 meter. 

Kemudian jalur di lapangan 22,90 meter dari setiap akhir-line, lalu titik penalti berukuran diameter 0,15 meter dan lingkaran penembakan 15 meter dari garis dasar. 

"Lapangan itu layak digunakan untuk event berskala internasional. Lapangan itu nantinya bisa digunakan untuk semua kalangan, semuanya bisa belajar hoki dan soft ball di lapangan tersebut,” jelasnya.

Menurut dia, fasilitas olahraga di Surabaya sudah tercukupi setelah lapangan Hockey dan Soft Ball diresmikan. Saat ini, kata dia, ada sekitar 300 fasilitas olahraga dengan berbagai jenis yang tersebar merata di wilayah Surabaya, baik di pusat kota maupun kawasan pinggiran.

"Salah satunya sirkuit balapan bertaraf internasional yang saat ini proses pengerjaan. Ini semua keinginan Bu Wali. Beliau juga berharap agar warga Surabaya dapat memanfaatkan fasilitas olahraga untuk bisa berprestasi," kata mantan Sekretaris Dewan ini.

Selain akan meresmikan lapangan hockey dan soft ball, Pemerintah Kota Surabaya juga akan menggelar soft opening arena drag race di kawasan Gelora Bung Tomo pada 26 November. Arena tersebut merupakan fasilitas yang disediakan Pemkot bagi para pemuda yang hobi balap motor. 

“Harapannya, dengan tampil di arena resmi, akan bisa mengurangi balap liar di jalanan Surabaya,” pungkasnya.


(RRN)