Rumah di Jember Rusak akibat Gempa

   •    Kamis, 17 Nov 2016 10:40 WIB
gempa
Rumah di Jember Rusak akibat Gempa
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jember: Gempa 6,2 skala Richter di Kabupaten Malang, semalam, mengakibatkan rumah rusak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Heru Widagdo, dikutip Antara di Jember, bilang pihaknya menerima empat laporan rumah rusak. "Di Kecamatan Mayang, Gumukmas, dan Puger," katanya, Kamis (17/11/2016).

Baca: Gempa Malang Terasa Hingga Beberapa Daerah

Menurutnya satu rumah rusak berat yakni milik Hasan warga Desa Tegalwaru, Kecamatan Mayang. Rumah berukuran 6x8 meter roboh total, perabot rumah tangga, dan satu sepeda motor rusak berat. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp50 juta.

"Gempa juga menyebabkan kerusakan ringan satu rumah warga di Kecamatan Gumukmas dan dua rumah warga rusak sedang di Kecamatan Puger," tuturnya.

BPBD Jember, lanjut dia, terus menghimpun laporan dari pihak perangkat desa dan kecamatan terkait kemungkinan tambahan kerusakan gempa bumi yang berkekuatan 6,2 SR di wilayah setempat.

"Gempa itu dirasakan cukup kuat di beberapa kecamatan di Jember, sehingga tidak menutup kemungkinan jumlah rumah warga yang rusak akibat gempa bisa bertambah," katanya.

Baca: Gempa Susulan Sempat Terjadi

Sekira pukul 22.25 WIB, Rabu (16/11) gempa mengguncang beberapa wilayah. Keterangan BMKG, pusat gempa terjadi di 127 km tenggara Kabupaten Malang, 136 km barat daya Kabupaten Lumajang, 142 km barat daya Kabupaten Jember, 232 km tenggara Kota Surabaya, dan 782 km tenggara Jakarta. 


(SAN)