Dua Pesawat Komersil di Malang Gagal Terbang, Ratusan Penumpang Terlantar

Wahyu Tiar, Arga sumantri    •    Selasa, 22 Aug 2017 01:16 WIB
pesawat
Dua Pesawat Komersil di Malang Gagal Terbang, Ratusan Penumpang Terlantar
Ilustrasi. Metrotvnews.com/Anwar Sadat

Metrotvnews.com, Malang: Dua pesawat komersil, Batik Air dan Wings Air gagal terbang dari Bandar Udara Abdul Rahman Saleh, Malang. Penumpang dua maskapai itu dilaporkan telantar sekitar lima jam.

Otoritas Jasa Penerbangan Bandara Abdul Rahman Saleh, Kholili, mengatakan, maskapai Batik Air yang gagal terbang adalah jenis Airbus A-320. Pesawat itu dilaporkan mengalami kerusakan pada kotak hitam atau Flight Data Recorder (FDR).

Kholili mengatakan, kerusakan baru diketahui pihak maskapai sesaat sebelum lepas landas menuju Jakarta. Pihak maskapai akhirnya memutuskan membatalkan penerbangan.

"Saat ini pesawat tersebut harus menginap di Taxi Bandara sambil menunggu perangkat pengganti dari Bandara Juanda Sidoarjo," kata Kholili, Senin 21 Agustus 2017 malam.

Salah seorang penumpang Batik Air, Riza Setiadi mengatakan, pesawat harusnya lepas landas pukul 14.30 WIB. Riza menceritakan, saat sudah duduk di kabin, tiba-tiba mesin dan listrik di dalam pesawat mati. Penumpang lalu diminta turun dan kembali ke terminal keberangkatan.

Sekitar lima jam penumpang menunggu informasi kepastian keberangkatan dari pihak maskapai. Namun, baru sekitar pukul 20.00 WIB, ada bus yang disediakan pihak maskapai untuk mengangkut para calon penumpang yang bersedia melanjutkan perjalanan menuju Bandara Sidoarjo.

Sementara, maskapai Wings Air, juga batal terbang dari bandara yang sama. Pesawat dilaporkan mengalami kerusakan teknis. Akibat insiden ini, sebanyak 170 penumpang yang hendak menuju Ujung Pandang batal berangkat, dan sempat telantar.

Otoritas Bandara Abdul Rahman Saleh mengklaim, insiden ini tidak bakal mengganggu jadwal penerbangan komersil pada Selasa 22 Agustus 2017.


(SCI)