Polda Jamin Jatim Aman

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 23 Jun 2017 15:30 WIB
lebaran
Polda Jamin Jatim Aman
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera -- ANT/Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Kepolisian mengaku tak gentar menghadapi aksi terorisme. Meski banyak penangkapan terduga teroris berbarengan dengan momentum Ramadan, Kepolisian sudah membagi tugas pengamanan wilayah masing-masing.

"Tidak perlu khawatir, pengamanan jelang Lebaran yang masuk dalam `Ramadnia` sudah kita siapkan jauh-jauh hari," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Sidoarjo, Jumat 23 Juni 2017.

Dalam kegiatan Ramadnia, kata Frans, Kepolisian sudah melakukan antisipasi kepadatan arus lalu lintas jelang mudik, tindak kejahatan, kekerasan, maupun yang lain. Begitu juga untuk pengamanan wilayah yang berkaitan dengan aksi terorisme.

"Sudah ada bagiannya masing-masing. Kalau soal pengamanan jelang Lebaran, sudah kita sampaikan di berbagai media. Tapi, untuk pengamanan yang berkaitan aksi teror, tidak perlu kita sampaikan ke publik," jelasnya.

Menurut Frans, Kepolisian memiliki alasan tersendiri kenapa hal itu tidak perlu disampaikan ke publik. Contohnya, penangkapan yang tiba-tiba dilakukan Detasemen Khusus 88 Antiteror di Malang dan Surabaya beberapa waktu lalu.

"Yang berkaitan dengan intelijen itu sifatnya rahasia. Data, record, dan dokumen yang berkaitan dengan jaringan teroris di Indonesia sudah dikantongi Tim Densus 88," tegasnya.

Sehingga, pengamanan seperti adanya penembak jitu di beberapa titik dan semacamnya juga tidak perlu disampaikan ke publik. Sebab, dikhawatirkan menjadi peluang bagi pelaku untuk melakukan aksi teror.


(NIN)