Operasional Tol Surabaya-Kertosono Kurangi Kemacetan di Simpang Bajuri

Nurul Hidayat    •    Selasa, 27 Jun 2017 13:49 WIB
lalu lintas
Operasional Tol Surabaya-Kertosono Kurangi Kemacetan di   Simpang Bajuri
Polisi mengatur lalu lintas di Bajuri, Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Kemacetan kerap terjadi di Simpang Jombang-Nganjuk-Kediri (Bajuri), Jawa Timur, di setiap arus mudik dan balik Idulfitri. Tapi kondisi itu tak terjadi pada musim mudik dan balik Idulfitri 2017.

Persimpangan itu merupakan pertemuan arus lalu lintas dari Jombang, Nganjuk, dan Kediri. Keramaian lalu lintas biasanya terjadi pada hari H dan H+1 Idulfitri.

"Pernah di sini macet. Tapi sudah lama. Kendaraan pernah tak bergerak selama delapan jam," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto saat memantau arus lalu lintas di Simpang Bajuri, Selasa 27 Juni 2017.

Tahun lalu, kemacetan terjadi pada hari H dan H+1 Idulfitri. Kendaraan roda dua dan empat melintasi simpang menuju tiga kabupaten di Jawa Timur. 

Persimpangan tersebut merupakan satu-satunya jalur yang menghubungkan tiga kabupaten. Tapi pada musim mudik Idulfitri 2017, arus lalu lintas dialihkan melalui tiga jalan alternatif.

Ada tiga rute alternatif yang menghubungkan tiga kabupaten itu. Pertama dari arah Jombang menuju Kediri. Kendaraan masuk dari Kecamatan Mojoagung, tepatnya di Simpang Tiga Mojotrisno hingga Kecamatan Bareng lalu Kediri.

Jalur kedua yaitu dari simpang Gambiran ke arah selatan, yaitu Kecamatan Ngoiro, lalu tembys  yakniAda tiga alternatif dari arah surabaya yakni pertama, Dari arah kecamatan mojoagung tepatnya di simpang tiga Mojotrisno tebus kecamatan bareng langsung papar kediri. Kedua dari simpang empat Gambiran kearah selatan kecamatan ngoro tembus kediri. Dan ketiga dari arah Jatipelem kecamatan gudo - tanggungan - kasemen- papar kediri. 

"Selain itu, operasional jalan tol yang menghubungkan Surabaya dan Kertosono tepatnya di Kabupaten Nganjuk kecamatan kepatihan ngrowo, mampu mengurang kepadatan lalu lintas hingga 40 persen di simpang ini," lanjut Kapolres.

Simpang mengkreng merupakan salah satu titik kemacetan di Jawa Timur yang menjadi perhatian dari Mabes Polri dan Polda Jatim. Selain kendaraan roda dan empat, kawasan tersebut pun dilintasi rel kereta.

Pada 2013, simpang Bajuri macet hingga sepanjang 5 kilometer. Kendaraan terjebak macet hingga delapan jam.


(RRN)