Perceraian Tinggi, Mensos Siapkan "Mobil Antigalau" di Jatim

Syaikhul Hadi    •    Sabtu, 30 Sep 2017 20:21 WIB
Perceraian Tinggi, Mensos Siapkan
Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Kementerian Sosial RI tengah menyiapkan "Mobil Antigalau" yang diperuntukan bagi masyarakat. Terutama untuk mereka yang mengalami gejala stress akibat hubungan rumah tangga.

"Kami sedang menyiapkan mobil itu, mobil antigalau. Biar mereka bisa konsultasi kecil-kecilan bersama konselor," ungkap Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, dalam acara workshop bersama Pengurus Wilayah Muslimat NU Se-Jawa Timur di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu 30 September 2017.

Bukan tanpa alasan, menurutnya permasalahan keluarga hingga berujung perceraian sudah sangat tinggi. Jawa Timur meraih peringkat tiga besar perceraian se-Indonesia di tahun 2016.

"Saya ingin mengajak mereka (Muslimat NU) untuk menjadi bagian dalam hal mencari solusi. Kita harus bergandeng tangan untuk mengurangi masalah itu," paparnya.

Lantas, apa penyebab tingginya angka perceraian di Jatim? Beberapa persoalan jadi alasan. Mulai dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perselingkuhan, pernikahan dini, perdagangan manusia hingga kemiskinan.

Namun, ada temuan yang lebih aneh. Gugat cerai yang tinggi justru menjadi sumber kebahagiaan bagi keluarga.

Khofifah menilai ketahanan nasional tidak pernah berdasarkan kepada ketahanan keluarga. Perceraian yang tinggi pun sedikit banyak dipengaruhi mertua. Terutama bagi mereka yang baru membangun rumah tangga.

"Jadi, saya harap para orang tua mulai membangun komunikasi dengan baik kepada anaknya. Dengan begitu, keluarga yang sudah dibangun tak mudah retak," tandasnya.
(SUR)