`Dukun` Pengganda Uang Digelandang ke Mapolres Jombang

Nurul Hidayat    •    Kamis, 27 Jul 2017 14:05 WIB
penipuan
`Dukun` Pengganda Uang Digelandang ke Mapolres Jombang
Para korban dukun palsu saat diperiksa polsi -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Seorang pria penghuni kontrakan di Perumahan Metro Graha, Tunggorono, Jombang, Jawa Timur, digelandang ke Mapolres Jombang pada Kamis 27 Juli 2017 dini hari. Reza, 43, diduga melakukan penipuan dengan berkedok menggadakan uang.

"Yang bersangkutan dan para korban saat ini tengah diperiksa secara intensif oleh petugas dengan dugaan penipuan dengan modus mengaku sebagai dukun yang bisa mengadakan uang," kata Kepala satuan Reserse Kriminal Polres Jombang Ajun Komisaris Polisi Wahyu Norman Hidayat.

Norman menjelaskan, kepada para korbannya Reza mengaku sebagai paranormal dan memiliki kesaktian bisa menggandakan uang. Untuk meyakinkan korbannya, Reza mengajak calon korbannya ke rumah kontrakannya dan memamerkan koper serta peti ajaib yang konon berisi uang miliaran rupiah.

Beberapa korban yang percaya langsung memberikan uang tunai untuk digandakan dan dimasukkan ke `peti ajaib`. Aksi Reza mulai terendus saat sejumlah korbannya tak kunjung mendapatkan uang hasil penggandaan.

Korban kemudian mendatangi kontrakan Reza dan minta uang mereka dikembalikan. Namun, para korban tak juga mendapatkan kepastian kapan bisa menerima uang mereka kembali.

"Akhirnya pelaku kita tangkap," imbunya.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti jumlah kerugian yang diderita para korban.


(NIN)