Sampah Belum Teratasi, Sidoarjo Raih Piala Adipura

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 02 Aug 2017 14:00 WIB
adipura
Sampah Belum Teratasi, Sidoarjo Raih Piala Adipura
Foto ilustrasi: Tugu Adipura. (Media Indonesia/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Di tengah sulitnya mengatasi problem sampah, Kabupaten Sidoarjo justru meraih Adipura untuk kategori Kota Sedang di Provinsi Jawa Timur.

Penghargaaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Saiful Ilah menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat Sidoarjo atas kontribusi dalam menjaga lingkungan selama ini.

"Tanpa ada peran masyarakat, pemerintah tidak mungkin mewujudkan Sidoarjo menjadi kota bersih," ucap Saiful Ilah usai menerima penghargaan di Jakarta, melalui keterangan tertulis di Sidoarjo.

Baca: Aktivis Angkut 80 Kg Popok di Tiga Sungai Sidoarjo

Pihaknya menargetkan pada 2018 Kabupaten Sidoarjo harus memiliki tempat pengelolaan sampah dengan skala besar. Sampah akan diolah menjadi energi listrik. Saat ini, Kabupaten Sidoarjo masih memiliki dua TPST. Yakni di Banjar Bendi dan Jalan Lingkar Timur.

"Dua TPST tak mampu menampung dan mengolah sampah yang dihasilkan oleh penduduk Sidoarjo yang sudah mencapai 2,2 juta orang," tegasnya.

Baca: Pemkab Sidoarjo tak Berkutik Atasi Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan

Dia menyadari, volume sampah yang dihasilkan warga Sidoarjo sangat besar. Sehingga perlu realisasi pembangunan tempat pengolahan sampah menjadi energi listrik.

"Lokasinya sudah ditentukan di daerah perbatasan. Sidoarjo dan Pasuruan. Harapannya, tahun depan bisa terealisasi," tandasnya.


(SAN)