Dua Paslon Gubernur-Wagub Kompak Inginkan Jatim Aman

Abdus Syukur    •    Sabtu, 23 Jun 2018 18:41 WIB
pilgub jatim 2018
Dua Paslon Gubernur-Wagub Kompak Inginkan Jatim Aman
Kepala Divisi Perencanaan dan Data KPU menunjukkan desain sementara surat suara Pilgub Jatim, Kamis 19 April 2018, Ant - Didik Suhartono

Pasuruan: Daerah tapal kuda menjadi saksi pertarungan terakhir dua pasang calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur. Meski bersaing, kedua pasang calon sepakat menginginkan Jawa Timur aman dan tenteram.

Pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menggelar kampanye akbar di Stadion Bayu Angga, Kota Probolinggo, Sabtu, 23 Juni 2018. Kegiatan itu menjadi kampanye terakhir sebelum pemungutan suara dilakukan pada 27 Juni 2018.

Dalam orasinya, Khofifah menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang mendukung dirinya. Salah satunya pedangdut Rhoma Irama beserta Soneta Group yang memeriahkan acara tersebut.

"Selain itu, saya minta semua pendukung, para relawan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga keamanan agar tetap kondusif," ujar Khofifah. 
Sementara itu pasangan calon nomor urut 2 berkampanye di Lapangan Grati, Kabupaten Pasuruan. Tapi, hanya calon wakil gubernur Puti Soekarno yang menghadiri kampanye.

Calon gubernur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul tak dapat hadir. Namun, Gus Ipul tetap menyapa pendukungnya melalui telekonferensi.

Ia berpesan pendukung tak goyah. Ia mengingatkan pendukungnya tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan, termasuk di hari pencoblosan.

Pesan saya, para pendukung dan relawan untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Ciptakan suasana yang aman dan damai hingga hari pencoblosan," kata Gus Ipul.

Tanggal 23 Juni merupakan masa terakhir kampanye pemilihan kepala daerah. Setelah itu, pemilihan memasuki masa tenang. Setiap calon kepala daerah dan tim sukses diminta untuk tidak melakukan aktivitas kampanye.

Sementara pencoblosan suara berlangsung serentak pada 27 Juni 2018. Bukan hanya Jatim, pemungutan suara digelar di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.
 


(RRN)