Peluang Risma Dicalonkan jadi Cagub Jatim Terbuka Lebar

Amaluddin    •    Senin, 09 Oct 2017 14:17 WIB
pilgub jatim 2018
Peluang Risma Dicalonkan jadi Cagub Jatim Terbuka Lebar
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bersaksi di Mahkamah Konstitusi. Foto:Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Surabaya: Peluang Tri Rismaharini untuk dicalonkan sebagai calon Gubernur Jawa Timur 2018 masih terbuka. Meski Risma sempat menolak tawaran lantaran ingin menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Surabaya.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, meski tidak pernah mendaftarkan diri, peluang Risma sebagai petugas partai untuk dicalonkan tidak akan hilang. Hasto menyatakan pencalonan itu bisa berangkat dari rakyat, politik dan pemerintahan.

“Meski tidak pernah mencalonkan diri, pencalonan bisa saja berasal dari unsur pemerintah. DPP PDIP berhak mencalonkan kadernya yang dinilai potensial," ujar Hasto, di Surabaya, Senin, 9 Oktober 2017.

Deklarasi bakal pasangan calon Pilgub Jawa Timur 2018 bakal digelar di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu, 15 Oktober 2017. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan pasangan cagub/cawagub untuk Pilgub Jawa Timur 2018. 

"Jadi rekomendasi itu akan turun pada hari itu juga. Bu Mega yang akan memberikan langsung kepada pasangan cagub/cawagub yang diusung," kata Hasto Kristiyanto.

Nantinya dalam deklarasi juga bakal dihadiri seluruh pimpinan DPC, DPD PDIP, serta cagub/cawagub yang bakal diusung. "Partai koalisi juga akan hadir pada acara itu nanti. Makanya PDIP masih membuka kerja sama dengan partai lain," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak banyak komentar saat ditanya perihal tersebut. "Tunggu saja tanggal mainnya. Saya tidak mau menyatakan siap atau tidak, karena ini tanggung jawab besar. Ketika saya ditanyai kesiapan jadi wali kota dulu saya juga tidak berani memberi janji," ujarnya.



(ALB)