Festival Busana Unik di Sumenep Sedot Perhatian Ribuan Pengunjung

Rahmatullah    •    Minggu, 12 Nov 2017 16:54 WIB
pagelaran busana
Festival Busana Unik di Sumenep Sedot Perhatian Ribuan Pengunjung
Peserta busana unik di Sumenep sedang berjalan menyapa penonton – MTVN/ Rahmatullah

Sumenep: Festival busana unik benar-benar mencuri perhatian ribuan warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Minggu 12 November 2017. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) setempat.

Yang menarik, dari 39 peserta, mereka diwajibkan menggunakan pakaian dari rangkaian daun siwalan atau kelapa, serabut kelapa, rumput laut, dan wajib menggunakan batik dan keris khas Sumenep. Para peserta berjalan sejauh 1 kilometer dari garis star di depan Masjid Jamik, Kelurahan Bangselok, menjuju finis di kampung baru Desa Pangarangan, Kecamatan Kota.


Seorang anak peserta busana unik di Sumenep sedang berjalan menyapa penonton – MTVN/ Rahmatullah

Ketua KJS, Abd Rahem, menyebut kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian awak media terhadap potensi pariwisata. Terlebih Sumenep akan menyambut tahun visit 2018. Dia berharap kegiatan tersebut berdampak positif para perkembangan pariwisata.

“Inilah bentuk kepedulian teman-teman jurnalis. Kami bukan hanya memberikan kritik konstrukstif bagi pemerintah, tapi kami juga ikut berkarya. Dan ini merupakan pertama kali di Sumenep,” kata Rahem.

Menurut Rahem, konsep busana sengaja menggunakan bahan-bahan alami, dan harus menonjolkan ciri khas daerah. Hal itu guna merawat kearifan lokal dari berbagai arus perubahan. Karena baginya, dengan dibukanya penerbangan komersial beberapa waktu lalu, kegiatan pariwisata akan hidup. Jika kearifan lokal itu tidak dijaga, maka warga dikhawatirkan akan terpengaruh dengan budaya luar yang dibawa para pelancong.

Sementara Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufianto, mengungkapkan kegiatan itu merupakan embrio Etnik Fashion Carnival 2018. Katanya, pemerintah daerah merasa terbantu untuk menyukseskan visit Sumenep 2018 dengan event tersebut.

“Saya tidak menyangka kegiatan ini akan spektakuler. Ini di luar dugaan saya,” katanya.


(ALB)