Kabupaten Jombang Jadi Tempat Transit Narkoba

Nurul Hidayat    •    Senin, 12 Mar 2018 12:20 WIB
narkoba
Kabupaten Jombang Jadi Tempat Transit Narkoba
ilustrasi (Metrotvnews.com)

Jombang: Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Jombang, Ajun Komisaris Polisi Hasran, menyebut Kabupaten Jombang, Jawa Timur, merupakan kawasan transit pengiriman narkoba. Setelah dari Jombang, barang haram itu disalurkan ke beberapa kota di Pulau Jawa. 

"Jombang menjadi salah satu kawasan yang dilalui oleh para pengedar saat mengirimkan barangnya ke beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat, namun masih dalam skala kecil," bebernya kepada Medcom.id di ruang kerjanya di Polres jombang, Senin, 12 Maret 2018.

Alasan menjadikan Jombang sebagai tempat transit peredaran narkoba karena banyak warga yang bukan asli sana mendiami kabupaten yang terdiri dari 21 kecamatan itu. 

"Kawasan pesantren misalnya. Hampir 40 persen bukan warga asli, melainkan warga luar kota yang mendiami kawasan pesantren," imbuh dia.

Selain itu, keberadaan Jombang di jalur poros antarkabupaten atau jalur nasional yang menghubungkan kawasan Jawa Tengah dengan Pulau Bali, menjadi favorit pengiriman narkoba.

"Semua jalur darat yang ada di Kabupaten Jombang kita waspadai, kita tidak mau kecolongan. Baik itu jalur poros atau jalur tikus karena para sindikat narkoba punya seribu cara untuk mengirimkan barangnya," tegasnya.


(LDS)