Kejari Sidoarjo Geledah Kantor PD Aneka Usaha

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 20 Apr 2017 15:14 WIB
dugaan korupsi
Kejari Sidoarjo Geledah Kantor PD Aneka Usaha
Petugas Kejari Sidoarjo, Jatim menggeledah kantor PD Aneka Usaha. (Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Penyidik Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Jawa Timur, mulai mengumpulkan bukti-butki terkait dugaan korupsi pengelolaan keuangan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU). Penyidik Kejari menggeledah kantor yang berada di Jalan Untung Suropati Kecamatan Kota, Sidoarjo, Jawa Timur itu. 

Penggeledahan dipimpin oleh Kasie Intelijen Andri Tri Wibowo dan Kasie Pidsus Kejari Adi Harsanto. Penggeledahan beralangsung sejak pukul 13.00 WIB.

Petugas menyasar beberapa ruangan. Seperti ruang staf, kepala bidang, bendahara, dan ruangan direktur. Selain memeriksa berkas-berkas, tim korps Adyaksa ini juga memeriksa isi komputer jinjing dan komputer milik perusahaan dan pejabat setempat.

Petugas mengumpulkan dan menyita beberapa dokumen. Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak kejaksaan. 

Penggeledahan menyusul penaikan status dari penyelidikan ke penyidikan. Hal itu berkaitan dengan dugaan kebocoran pengelolaan keuangan PDAU yang mencapai miliaran rupiah. Dugaan bocornya pengelolaan keuangan PDAU selama enam tahun terkahir, yakni di tahun 2010 hingga 2016.

"Ada dugaan yang tak beres dalam kontrak Perusahaan Daerah Aneka Usaha dan DTA (rekanan). Karena DTA sampai tak mampu bayar mulai 2015 hingga kini ke PT Lapindo Brantas Inc, hingga BBG (rekanan baru) sudah membayar tanggungan DTA antara Rp30 miliar sampai Rp50 miliar," jelas Kepala Kejari Sidoarjo M Sunarto.

Perusahaan Daerah Aneka Usaha Sidoarjo merupakan perusahaan plat merah yang membawahi beberapa unit usaha. Di antaranya Delta Property, Delta Grafika, Delta Advertaising, dan Delta Gas.


(SAN)