Jelang Ramadan, Penumpang Kapal di Pelabuhan Kalianget Membludak

Rahmatullah    •    Kamis, 18 May 2017 18:11 WIB
tradisi ramadan
Jelang Ramadan, Penumpang Kapal di Pelabuhan Kalianget Membludak
Penumpang di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, MTVN - Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Penumpang kapal Express Bahari rute Kalianget-Kangean di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membludak pada Kamis 18 Mei 2017. Rata-rata penumpang terdiri dari TKI yang bekerja di Malaysia. Mereka hendak melaksanakan ibadah puasa di kampung halaman.
 
Kepala Perwakilan Express Bahari, Rifki Ademarta, menuturkan penumpang kapal mencapai 326 orang. Jumlah itu berbeda jauh ketimbang hari-hari biasa yang biasanya hanya mencapai 150 orang. Dia menyebut rata-rata penumpang merupakan TKI yang pulang dari perantauan.
 
“Mereka (penumpang) ingin berpuasa dengan keluarga,” jelasnya.
 
Kebetulan hari kemarin tidak ada jadwal pemberangkatan kapal. Sehingga penumpang menumpuk hari ini. Sementara jadwal pelayaran Express Bahari sebanyak tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Kamis dan Sabtu.
 
Untuk pelayaran kali ini, kata Rifki, tidak banyak membawa sembako. Barang yang banyak diangkut adalah tas dan koper milik penumpang.
 
“Pelayaran didukung cuaca yang cukup bagus. Insya Allah aman,” tutupnya.
 
Sementara penumpang, Sugi, asal Desa Laok Jang-jang, Kecamatan Arjasa, Kepulauan Kangean, mengaku pulang lebih awal dari tempat kerja di Malaysia. Dia mengaku kangen suasana kampung halaman, dan ingin berpuasa bersama keluarga.
 
“Saya sengaja pulang lebih awal, biar kebagian kursi penumpang,” tuturnya.
 
Dia khawatir jika pulang pas bulan Ramadan akan tertahan di Pelabuhan Kalianget yang disebabkan antrean penumpang. Karena saat Ramadan, apalagi mendekati hari raya idul fitri, penumpang kapal di pelabuhan semakin membludak. Dia juga khawatir terjadi cuaca buruk di perairan saat Ramadan nanti.


(RRN)