Khawatir Cuaca Buruk, Warga Mudik Lebih Cepat

Rahmatullah    •    Kamis, 15 Jun 2017 16:14 WIB
mudik lebaran 2017
Khawatir Cuaca Buruk, Warga Mudik Lebih Cepat
Penumpang naik Kapal Perintis Meumeri 1 di Pelabuhan Kalianget Sumenep Jatim, MTVN - Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Penumpang Kapal Perintis Meumeri 1 tujuan Pulau Kangean dan Sapeken, Sumenep, Jawa Timur, benar-benar membludak pada Kamis 15 Juni 2017. Ini disebabkan warga pulau mengkhawatirkan cuaca buruk ketika mendekati lebaran nanti. Sebagian penumpang yang tidak kebagian tempat duduk, terpaksa berdiri.
 
Selain itu, salah satu kapal perintis di Surabaya mengalami kerusakan di bagian mesin, sehingga penumpang menumpuk di Sumenep. Kapal seharusnya membawa 100 penumpang, kini terpaksa melayani sekitar 300 penumpang.
 
Penumpang tujuan Sapeken, Roziqin, menuturkan ia memilih mudik lebih awal dengan ikut Kapal Perintis Meumeri 1 karena khawatir cuaca di perairan akan ekstrem mendekati lebaran nanti. Saat ini, katanya, sering turun hujan.
 
“Cuma ya nekat saja ikut. Meski kepanasan di atas kapal, tidak ada-apa,” ujarnya.
 
Sedangkan Muallim 1 Kapal Perintis Meumeri 1, Eko Prasetyo, menjelaskan meski bukan puncak mudik, penumpang kapal sudah membludak. Eko mengatakan, penumpang saat ini meningkat 150 persen. Biasanya hanya 100 penumpang, kini mencapai 300 penumpang.
 
Dia menyebut sebenarnya jumlah penumpang tidak sesuai dengan tempat duduk. Tapi karena penumpang sudah memaksa, akhirnya tetap dilayani.
 
“Apalagi penumpang tidak bisa diatur kayak ini, mau tidak mau kami harus mau. Jadi sedikit dipaksakan,” ujarnya.
 
Sementara cuaca di tengah laut sedang normal. Kecepatan angin antara 5-20 knot, sedangkan ketinggian ombak antara 0,5 hingga 1 meter.
 
Pelayaran dari Pelabuhan Kalianget ke Pelabuhan Kangean membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Sedangkan dari Pelabuhan Kangean ke Pelabuhan Sapeken sekitar 4 jam.


(RRN)