Pemkab Sidoarjo Klaim Dapat Rekomendasi Bangung Gedung 17 Lantai

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 13 Sep 2017 10:53 WIB
tata kota
Pemkab Sidoarjo Klaim Dapat Rekomendasi Bangung Gedung 17 Lantai
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Ant

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, kembali mencuatkan rencana membangun gedung terpadu dengan 17 lantai. Pemkab mendapat jawaban dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait rencana itu.

Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan melayangkan Surat Permohonan nomor 900/7374/404.3.11/2016 terkait rencana tersebut. Lalu pada 4 Agustus 2017, Pemkab mendapatkan jawaban memuaskan.

"Surat itu sudah saya serahkan ke Bupati Sidoarjo. Surat berisi rekomendasi agar Pemkab Sidoarjo mewujudkan pembangunan gedung terpadu," kata Sigit di Sidoarjo, Selasa 12 September 2017

Menurut Sigit, rencana anggaran yaitu Rp800 miliar. Setelah mendapat rekomendasi, Sigit mengatakan akan mengevaluasi ulang rancangan anggaran dan rencana pembangunan gedung sesuai arahan Kementerian.

Arahan itu yaitu menyediakan 30 persen ruang terbuka hijau di sekitar gedung, bangunan memiliki 17 lantai, dan berkonsep ramah lingkungan. Sigit mengatakan Pemkab perlu mendesain ulang tampilan fisik gedung untuk menyesuaikan arahan tersebut.

Baca: Ironi Rencana Pemkab Sidoarjo Membangun Gedung 17 Lantai

"Semoga saja tidak ada hambatan. Biar rencana itu bisa dimasukkan kembali. Dan desain pun akan diubah sesuai arahan," ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Sidoarjo Bangun Winarso tak percaya sepenuhnya dengan rekomendasi tersebut. Menurut Bangun, boleh jadi surat tanggapan itu hanya teknis desain, bukan izin pembangunan.

"Karena kalau izin itu sendiri biasanya atas rekomendasi dewan atau DPRD. Sementara dari kami sendiri masih belum setuju. Bahkan sudah mencoret program gedung terpadu itu," kata Bangun.

DPRD Sidoarjo tak sepenuhnya menolak rencana pembangunan gedung terpadu tersebut. Hanya saja, ungkap Bangun, Dewan meminta Pemkab mendahulukan program-program untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca: Tiga Fraksi di DPRD Sidoarjo Tolak Gedung Terpadu Berlantai 17

"Silakan kalau mengajukan lagi, jika program prioritas terselesaikan tahun ini. Baru bisa dilakukan pada 2018," tandasnya.  




(RRN)