Seorang Ayah Ajak Anaknya Curi Uang Tetangga

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 13 Nov 2018 19:01 WIB
pencurian
Seorang Ayah Ajak Anaknya Curi Uang Tetangga
Polres Malang Kota menangkap seorang ayah yang mengajak anaknya mencuri di rumah tetangga, Selasa, 13 November 2018. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.

Malang: Seorang ayah di Malang, Jawa Timur tega mengajak kedua anaknya berbuat mencuri uang dan barang berharga milik tetangganya dengan total kerugian hingga belasan juta rupiah.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan, aksi pencurian dengan pemberatan itu terjadi pada Minggu 11 November 2018 sekitar pukul 12.00 WIB. Korban yakni Tuminah, 66, warga Klojen, Kota Malang.

"Korban baru mengetahui sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung lapor polisi. Selang beberapa saat, polisi melakukan penyelidikan di TKP," kata Asfuri di Mapolres Malang Kota, Jawa Timur, Selasa, 13 November 2018.

Saat olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), polisi menemukan barang bukti berupa sandal yang mengarah kepada salah satu tersangka. Selanjutnya polisi melakukan penyelidikan mendalam terhadap seseorang yang diduga pelaku.

"Pelaku rumahnya bersebelahan atau tetangga. Setelah dilakukan pendalaman, salah satu tersangka berhasil ditangkap yaitu anak yang kedua, masih di bawah umur, sekitar umur 16 tahun inisial PK," jelas Asfuri.

Polisi pun kemudian memeriksa PK. Dari penuturannya diketahui bahwa pencurian itu dilakukannya bersama ayah kandungnya yang berinisial JJ dan kakak kandungnya yang berinisial MT.

"Tidak sampai 1x24 jam kasus ini berhasil diungkap. Korban yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga mengalami kerugian uang sebesar Rp16 juta," beber Asfuri.

Asfuri menyebutkan barang bukti yang berhasil diamankan dari para tersangka yaitu uang sekitar Rp10 juta, kalung emas, dan cincin. Sedangkan, alat-alat yang digunakan untuk mencuri, berupa pisau dan linggis.

"Untuk anak di bawah umur ditangani oleh PPA, sedangkan anak satumya dan bapaknya ditangani oleh unit reskrim Polsek Klojen. Mereka tidak ada catatan kejahatan sebelumnya. Aksi ini baru dilakukan sekali," beber Asfuri.

Motif dalam aksi pencurian ini adalah seorang ayah yang mengajak anak-anaknya untuk mencuri. Sebelumnya, tersangka telah mengetahui apabila korban memiliki uang banyak di dalam rumahnya.

"Yang diambil uang, perhiasan, baju, topi. Barang belum sempat dijual. Atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 363 ayat 1 KUHP ancaman hukuman 7 tahun," pungkas Asfuri.


(DEN)