Tokoh Inspiratif

Zaini, Petani yang Berhasil Menyulap Hasil Panen

Rahmatullah    •    Kamis, 10 Jan 2019 17:55 WIB
pertanianpetani kisah inspiratifSosok Inspiratif
Zaini, Petani yang Berhasil Menyulap Hasil Panen
Zaini menunjukkan tanaman padinya. Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: A Zaini merasa gelisah melihat hasil panen petani di sekitarnya. Hasil panen padi dan jagung selalu tidak ada peningkatan tiap musim, sementara biaya produksi terus meningkat. Warga Desa Juluk, Kecamatan Saronggi, Sumenep Jawa Timur, itu kemudian memeras otak untuk mengubah keadaan.

Ia pun sadar bahwa sarjana yang disandang tidak sejalur dengan yang membebani pikirannya, karena ia lulusan dengan titel Sarjana Pendidikan Islam. Karenanya, tiap ada informasi yang berkaitan dengan mendongkrak hasil pertanian, ia ikuti. Ia dengan telaten menerapkan ilmu yang didapat.

“Saya bergerak di bidang pertanian sebenarnya sejak tahun 1999. Tiap ada pelatihan, saya ikut,” kata Zaini, Kamis, 10 Januari 2019.

Zaini menutukan salah satu yang didapatkan dari pelatihan adalah teknologi petanian, di antaranya cara menanam bibit. Biasanya tiap lubang diberi empat sampai lima bibit padi. Setelah mendapatkan ilmu itu, ternyata yang benar tiap lubang hanya boleh diisi satu bibit. Selain mengurangi bibit, rupanya hasilnya juga melimpah. Dia mengungkapkan sebelumnya bisa memproduksi 6,5 sampai 7 ton tiap panen. Tapi setelah pakai teknologi melimpah menjadi 8,2 ton.

Ia mengakui tidak mau membagikan ilmunya kepada petani lain sebelum ia sendiri membuktikan teori yang didapatkan di pelatihan. Setelah ia mendapatkan hasil, ia mengaku gampang mengajak warga menerapkan teknologi tersebut.

“Masyarakat kemudian meniru cara saya bertani. Dan syukur panen mereka bisa melimpah juga,” ucap dia.

Zaini berharap para pemuda tetap bangga menjadi petani. Karena hanya petanilah yang bisa mempertahankan kedaultan pangan Negara.

 


(SUR)