Baru 205 Reruntuhan Rumah di Sapudi Dibersihkan

Rahmatullah    •    Rabu, 17 Oct 2018 19:07 WIB
Gempa Situbondo
Baru 205 Reruntuhan Rumah di Sapudi Dibersihkan
Tim saat membersihkan puing-puing reruntuhan rumah di Pulau Sapudi – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Tim gabungan terus membersihkan puing-puing reruntuhan di Pulau Sapudi, Jawa Timur. Baru 205 dari 691 rumah rusak dibersihkan. Jarak tempuh yang cukup jauh ke lokasi, termasuk tidak adanya alat transportasi, menjadi kendala utama dalam pembersihan puing-puing tesebut.

Selain pembersihan puing-puing, tim juga memilah material bangunan yang masih bisa digunakan. Material tersebut akan dipakai lagi ketika rekonstruksi bangunan.

Untuk Kecamatan Gayam, ada 82 personel yang digerakkan untuk pembersihan dengan posko utama di Desa Prambanan. Sementara di Kecamatan Nonggunong 44 personel dengan posko induk di Desa Sonok. Mereka terdiri dari Satuan Rider 500 Sikatan Surabaya, Satuan Sipur V dari Malang dan Brimob Polda Jawa Timur.

"Kita hari ini fokus pembersihan di Kunlaok dan Jambusok (Desa Prambanan). Ada sekitar 7 rumah yang masih tersisa," jelas Komandan Pleton Kesehatan Raider 500 Sikatan Surabaya, Letnan Ctm Zairi, Rabu, 17 Oktober 2018.

Hari ini tim menempuh jarak 1,5 kilometer dengan jalan kaki menuju lokasi pembersihan. Bila dikalkulasi dengan jarak tempuh pulang, tim harus berjalan sepanjang 3 kilometer. Tim pembersihan puing rencananya akan digeser ke posko yang lebih dekat dengan rumah-rumah yang rusak.

Rencananya, Pemerintah Kabupaten Sumenep bakal mengirim tujuh mobil pikap ke Pulau Sapudi pada Kamis, 18 Oktober 2018. Pendistribusian logistik dan aktivitas pemulihan lainnya diharapkan berjalan lebih maksimal.


(SUR)