Rusak Diterjang Puting Beliung, Sekolah Diliburkan

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 23 Nov 2017 14:02 WIB
puting beliung
Rusak Diterjang Puting Beliung, Sekolah Diliburkan
Sejumlah rumah dan fasilitas uimum di Sidoarjo rusak diterjang puting beliung. MTVN/Hadi

Sidoarjo: Siswa sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum, Desa Tambak Rejo, Sidoarjo, Jawa Timur, terpaksa diliburkan. Hal itu menyusul kerusakan sekolah akibat diterjang angin puting beliung yang melanda wilayah setempat pada Rabu 22 November petang.

Salah seorang guru MI Darul Ulum, Afifatul Husna, mengatakan, kegiatan belajar mengajar siswa diliburkan hingga pekan depan. "Sejak hari ini mulai diliburkan. Senin pekan depan sudah mulai masuk seperti biasa," kata Afifatul.

Ia mengatakan, pihaknya terpaksa meliburkan siswa sekolah karena ruangan kelas tempat belajar mengajar tidak bisa difungsikan dengan baik.

Kondisinya banyak yang rusak. Genteng, atap, dan kaca jendela, banyak yang runtuh. Sehingga tidak bisa ditempati, terpaksa anak-anak diliburkan," ujar Afifatul.

Ia menjelaskan, di sekolah ini terdapat sebanyak 580 orang siswa dari warga desa yang ada di sekitar sekolah tersebut.

"Kami berharap, pada pekan depan kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah ini bisa berjalan dengan normal kembali pascakejadian puting beliung," ujarnya.

Danrem 084/BJ Surabaya Kolonel Kav.M. Zulkifli meninjau lokasi bencana angin puting beliung didesa Tambak Rejo, Kecamatan Waru Sidoarjo. Kedatangannya, tak lain untuk membantu masyarakat yang sedang tertimpa bencana. 

"Kami sudah terjunkan Anggita ke lokasi sekaligus membantu mereka untuk bersih-bersih puing-puing reruntuhan bangunan. Masyarakat akan dibantu dari kodim dan Koramil setempat," kata Kolonel Kav.M. Zulkifli. 

Pihaknya berharap, dengan gotong royong baik dari pemerintah, TNI/Polri maupun relawan bisa segera menuntaskan permasalahan yang ada di kecamatan Waru. 

Sebelumnya, angin puting beliung melanda tiga desa di Kecamatan Waru, Sidoarjo Jawa Timur pada Rabu 22 November 2017 petang. Akibat kejadian ini, ratusan rumah mengalami kerusakan. Rata-rata kerusakan rumah terjadi pada bagian atap yang terbang terbawa angin.

Angin puting beliung menerjang Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 22 November 2017. Total 720 rumah dan fasilitas umum rusak dihajar angin superkencang.

"Setelah kita data lagi, ternyata masih nambah dari sebelumnya 606 menjadi 720 rumah," kata Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito kepada Metrotvnews.com, Kamis 23 November 2017.


(ALB)