NasDem dan Golkar Berkoalisi di Pilkada Probolinggo 2018

Amaluddin    •    Senin, 30 Oct 2017 11:12 WIB
pilkada 2018
NasDem dan Golkar Berkoalisi di Pilkada Probolinggo 2018
Ilustrasi Pilkada di Jatim, MTVN - M Rizal

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai NasDem memberikan rekomendasi kepada Fernanda Zulkarnain-Zulfikar Himawan sebagai pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Probolinggo 2018. Fernanda merupakan kader Golkar, sedangkan Zulfikar kader NasDem.

"NasDem bersama Golkar berkoalisi di Pilwali Probolinggo, formasi ini sama dengan Pilgub (NasDem-Golkar), yang mendukung Bu Khofifah," kata Ketua DPW NasDem Jawa Timur Rendra Kresna, dikonfirmasi, Senin 30 Oktober 2017

Menurut Rendra, Zulfikar yang merupakan Ketua DPD Nasdem Kota Probolinggo, layak memimpin Kota Mangga. Sejumlah survei internal menyebutkan Fernanda dan Zulfikar unggul secara elektabilitas maupun popularitas.

Untuk bisa mengusung kandidat, parpol harus memiliki 8 kursi di DPRD setempat. Karena itu, Partai NasDem Kota Probolinggo yang hanya punya 4 kursi di DPRD setempat,  harus berkoalisi dengan Golkar dengan 5 kursi. "Dengan koalisi ini, syarat untuk mengusung calon sudah terpenuhi," katanya.

Hanya PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu memiliki kursi terbanyak di DPRD setempat. PDI Perjuangan menduduki 8 dari 30 kursi.


(RRN)