86 Warga Bangkalan Terjangkit HIV/AIDS

Rahmatullah    •    Kamis, 14 Dec 2017 17:18 WIB
aids
86 Warga Bangkalan Terjangkit HIV/AIDS
Foto ilustrasi. (Ant/Basri Marzuki)

Bangkalan: Sebanyak 86 warga Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, dinyatakan positif HIV/AIDS. Data dari Dinas Kesehatan setempat menyebut satu hingga belasan penderita tersebut tersebar di 18 Kecamatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bangkalan, Walid Yusuf, mengatakan, saat ini ada 58 penderita HIV/AIDS yang menjalani perawatan di RSUD Syamrabu Bangkalan.

"Penderita juga dirawat di beberapa puskesmas. Sebanyak 14 penderita dirawat di Puskesmas Blega, 8 orang di rawat di Puskesmas Arosbaya, dan 8 orang di rawat di Puskesmas yang lain," ujarnya, Kamis 14 Desember 2017.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bangkalan, Walid Yusuf. Medcom.id/Rahmat

Menurut Walid, penyakit tersebut awalnya menyerang sel darah putih yang mampu melawan infeksi. Baru setelah itu HIV memasuki sel darah putih untuk berkembangbiak. Virus tersebut kemudian merusak dan membunuh sel darah putih. 

Dampaknya, sistem kekebalan tubuh menurun dan menjadikan tubuh rentan terserang serangan penyakit termasuk AIDS.

"Beberapa tempat sel darah putih di antaranya berada di cairan darah, air mani, cairan vagina, dan air susu ibu (ASI). Proses penularan bisa pada saat beraktivitas yang menyebabkan pertukaran cairan tubuh dari orang yang terinfeksi," paparnya.

Walid menambahkan, jenis penyakit mematikan tersebut juga bisa menular selama proses kehamilan, persalinan, dan menyusui. Tapi penderita awalnya tetap terlihat seperti orang sehat.

"Karena sistem kekebalan tubuh belum membuat antibodi HIV, maka infeksi oportunistik mengambil kesempatan untuk muncul di saat kekebalan tubuh manusia sudah lemah," pungkasnya.


(ALB)