Ular Sanca Kembang 4 Meter Ditemukan di Jombang

Nurul Hidayat    •    Rabu, 21 Sep 2016 13:29 WIB
ular phython
Ular Sanca Kembang 4 Meter Ditemukan di Jombang
Pawang ular Taubat Nasuha menunjukkan ular Sanca Kembang yang ditemukan di di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Foto: MTVN/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Ular Sanca Kembang ditemukan di pinggir sungai di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu pagi 21 September. Ular berukuran empat meter dan berat 30 kilogram itu menggegerkan warga.

Informasi yang dihimpun Metrotvnews.com, ular yang juga dikenal dengan nama Sanca Batik itu pertama kali ditemukan petani yang hendak menuju sawahnya. Petani itu segera melapor ke pawang ular setempat Taubat Nasuha. Taubat dan adiknya langsung menuju lokasi dan menangkap ular itu.

"Penemuan ular ini baru pertama kali di Desa Japanan. Sebelumnya tidak pernah ada ular sebesar ini," kata Taubat Nasuha saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi, Rabu (21/9/2016).

Ular suku Pythonidae itu dimasukkan ke dalam karung dengan mulut yang sudah terlilit lakban. Ular berukuran besar itu dikhawatirkan akan menyerang penduduk atau memakan hewan ternak. Sanca itu pun dibawa ke rumah petani yang menemukan. 

Rencananya, ular itu akan dijual jika ada yang berminat. Namun penemu dan pawang ular itu belum dapat menyebut harga yang akan ditawarkan.

"Sementara ini belum ada yang nawar. Namun jika ada pembeli pasti akan segera saya jual," kata dia.


(TTD)