Transaksi Jatim Fair Naik namun Jumlah Pengunjung Menurun

Amaluddin    •    Senin, 17 Oct 2016 19:13 WIB
bisnis
Transaksi Jatim Fair Naik namun Jumlah Pengunjung Menurun
Wagub Jatim dalam Jatim Fair 2016, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Pagelaran Jatim Fair 2016 telah usai. Dalam pagelaran yang ke VII itu tercatat transaksi mencapai sebesar Rp58,1 miliar atau naik 5 persen dibandingkan tahun 2015 yaitu Rp54,3 miliar.

"Jatim Fair tahun depan harus lebih menarik lagi, sehingga perputaran ekonomi terus naik," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, di Surabaya, Senin (17/10/2016).

Jatim Fair merupakan rangkaian acara peringatan HUT ke-71 Pemprov Jatim. Acara yang digelar di Grand City itu diikuti lebih dari 550 booth dengan menempati areal seluar 12.500 m2. Acara tersebut berlangsung mulai 6 hingga 16 Oktober 2016.

Jumlah pengunjung dalam acara itu mencapai 191.000 orang, menurun daripada tahun 2015 yang mencapai 199.670 orang. Meski demikian, jumlah transaksi naik. 

Menurut Gus Ipul, demikian ia disapa, Jatim Fair masih diminati oleh para pelaku usaha dan masyarakat sebagai tempat hiburan, terutama bagi masyarakat kelas menengah kebawah. “Dalam suasana melambatnya pertumbuhan ekonomi, para pelaku usaha sangat optimisme. Terbukti transaksi mencapai Rp58,1 miliar selama acara berlangsung," ujarnya.

Ia berharap, Jatim Fair mampu berperan sebagai pemicu bagi peningkatan perdagangan, investasi, perluasan lapangan kerja, merangsang inovasi perindustrian, serta mendorong promosi perdagangan untuk lebih bersaing di pasar domestik dan pasar global.

“Melalui kegiatan Jatim Fair produsen dan konsumen bisa bertemu dan melakukan transaksi secara langsung, karenanya semua transaksi dagang yang terjadi harus segera ditindaklanjuti setelah event ini selesai,” katanya.

Jatim Fair, kata Gus Ipul, sebagai bentuk dukungan pada UMKM untuk ikut ambil bagian dan menjadi icon pameran. Hal itu merupakan wujud komitmen dari seluruh stakeholder pembangunan yang jeli terhadap potensi UMKM.


(RRN)