Pembobol Sekolah Dibekuk setelah Beraksi 16 Kali

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 20 Sep 2017 19:51 WIB
pencurian
Pembobol Sekolah Dibekuk setelah Beraksi 16 Kali
Pembobolan, MTVN - M Rizal

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, membekuk dua pelaku pembobolan sekolah. Penangkapan dilakukan setelah kedua tersangka beraksi sebanyak 16 kali.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris, mengatakan kedua tersangka yaitu Catur Ari Wibowo, 40 dan Muhammad Handoko, 30. Penangkapan dilakukan setelah polisi mendapat laporan masyarakat.

"Penyelidikan mengarah ke tersangka Catur," kata Harris di Sidoarjo, Rabu 20 September 2017.

Setelah dilakukan pengembangan, akhirnya petugas langsung memburu pelaku di rumah kosnya di kawasan Punggul, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. Namun Catur kabur.

Petugas menyita sejumlah barang bukti dari aksi pembobolan sekolah di Kragan di kamar kosnya. Yaitu tas, linggis, kunci, dan sarung tangan. Barang curian yang disita yaitu 8 monitor, telepon genggam, dan komputer jinjing.

"Dari hasil kejahatan itu terus kami lakukan pengembangan. Akhirnya, dia berhasil kami tangkap di tempat kosnya," jelasnya.

Dari keterangan tersangka, Catur melakukan aksinya lantaran gedung sekolah kerap kosong alias tidak ada penjaga nya saat malam hari. Sehingga dirinya yang diketahui bersama rekannya memanfaatkan kondisi tersebut untuk menjarah barang-barang yang ada di sekolah.

"Kalau Handoko, kami amankan di rumahnya dikawasan Tambah Sawah, Waru. Mereka senang kalau melakukan itu, karena enggak ada yang jaga. Jadi kesempatan buat mereka untuk mengambil barang-barang," tegasnya.

Diketahui, mereka juga pernah melakukan pembobolan toko Pracangan di dua lokasi di Sidoarjo. Akibat perbuatannya, mereka akan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. 


(RRN)