Jembatan Widang Dibongkar Manual

M Yakub    •    Senin, 23 Apr 2018 17:45 WIB
jembatan rubuh
Jembatan Widang Dibongkar Manual
Jembatan Widang. (Istimewa).

Tuban: Pembongkaran jembatan Widang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang ambruk dibongkar manual dengan bantuan tenaga manusia. Pembongkaran manual dilakukan lantaran posisi jembatan berada pada kemiringan hingga 30 derajat.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Jalan Nasional VIII Surabaya, Tugiman mengatakan pembongkaran melibatkan 30 pekerja khusus dari jembatan sungai Brantas.

Menurut dia, pembongkaran dilakukan mulai Sabtu 21 April lalu dan ditargetkan selesai dalam sepekan mendatang. Pembongkaran jembatan terpaksa dilakukan dengan cara manual karena eksavator tak bisa digunakan membongkar jembatan yang berada pada posisi miring hingga 30 derajat.

"Pembongkaran ini akan selesai selama tujuh hari kedepan, kata Tugiman, Senin, 23 April 2018.

Ia juga menjelaskan, setelah pembongkaran selesai akan segera dilanjutkan pemasangan jembatan bailey (rakitan) yang akan didatangkan dari Jakarta. Saat ini, terang dia, jembatan rakitan itu sedang dalam proses pengiriman. 

"Setelah selesai evakuasi, hari itu langsung dilakukan pembongkaran kerangka jembatan,"  ujar Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiyono, terpisah.



(ALB)