Jalur KA di Ngawi Pulih

Amaluddin    •    Minggu, 08 Apr 2018 11:02 WIB
tabrakan kereta api
Jalur KA di Ngawi Pulih
Petugas memperbaiki rel di lokasi KA Sancaka yang mengalami kecelakaan di Ngawi, Jawa Timur. (ANT/Zabur Karuru)

Surabaya: Proses evakuasi lokomotif dan gerbong KA Sancaka rampung. Dengan begitu, jalur yang sebelumnya lumpuh, kini bisa dilalui.

"Proses evakuasi sudah selesai tadi malam. Alhamdulillah sekarang jalurnya sudah bisa dilalui dan berangsur normal," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutyatmoko, dikonfirmasi, Minggu, 8 April 2018.

Proses evakuasi gerbong KA Sancaka dimulai sejak Jumat, 6 April 2018 malam, setelah semua penumpang berhasil dievakuasi. Kemudian Sabtu malam, petugas berhasil memindahkan seluruh rangkaian lokomotif, gerbong penumpang, dan gerbong generator dari rel.

Baca: Kecelakaan KA Sancaka, 3 Rute Dialihkan Ke Jalur Utara

Gatut mengungkap, ada empat alat berat berkekuatan 100 ton yang diturunkan untuk memindahkan gerbong yang keluar jalur kereta. Setelah dievakuasi, sebagian rangkaian gerbong KA Sancaka dibawa ke Stasiun Sragen, dan ke Stasiun Madiun. 

"Nantinya gerbong itu akan dilakukan perbaikan," ujarnya.

Kereta Api Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya mengalami kecelakaan dengan truk trailer pengangkut beton bantalan rel di perlintasan liar di kilometer (KM) 215+8 Jumat 6 April, sekitar pukul 18.25 WIB yang berakibat lokomotif dan tiga kereta di belakangnya anjlok.

Kecelakaan tersebut menyebabkan satu korban jiwa yakni masinis kereta atas nama Mustofa dan empat orang mengalami luka-luka yakni asisten masinis dan tiga penumpang kereta.

Baca: Istri Masinis KA Sancaka Diangkat Jadi Karyawan KAI


(LDS)