Banjir Meluas, Ratusan Rumah di Kabupaten Malang Terendam

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 19 Oct 2017 12:22 WIB
bencana banjir
Banjir Meluas, Ratusan Rumah di Kabupaten Malang Terendam
Banjir di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Foto: MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com Malang: Hujan yang mengguyur Kabupaten Malang selama empat hari belakangan membuat dua desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, Jawa Timur, diserang banjir. Banjir sempat meninggi dibanding kemarin, Rabu 18 Oktober 2017.

Hujan membuat Sungai Panguluran yang membelah Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang meluap. Akibatnya, ratusan rumah terendam air setinggi 1 hingga 1,5 meter.

Air Sungai Panguluran mulai meluber ke jalan dan pemukiman sekitar pukul 10.30 WIB, Rabu 18 Oktober. “Luapan sungai akibat hujan yang terus turun di desa tetangga tempat hulu sungai. Seperti Desa Tegalrejo, Desa Sumberagung, dan Desa Tambaksari,” kata Camat Sumbermanjing Wetan Agus Harianto saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis 19 Oktober 2017.

(Baca: Kabupaten Malang Diterjang Banjir)

Dari hasil pendataan sementara, lanjut Agus, 439 kepala keluarga (KK) di empat dusun terdampak banjir. Di antaranya, Dusun Krajan Kulon, Dusun Krajan Tengah, Dusun Krajan Etan dan Dusun Rowo Terate.

“Paling banyak di Dusun Rowo Terate karena letaknya di paling hilir sungai,” terang Agus.

Banjir mulai surut meski hujan gerimis masih turun pada pagi ini. "Warga terdampak banjir mulai kerja bakti bersih-bersih, karena banjir mulai surut," ujar ujar Agus.

Setidaknya 150 personel gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang, Kodim 0818, Polres Malang dan warga turun untuk menanggulangi banjir. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan parah pada rumah warga.




(SUR)