Megawati dan Risma Teleconference jelang Deklarasi Kandidat Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 14 Oct 2017 10:27 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
Megawati dan Risma <i>Teleconference</i> jelang Deklarasi Kandidat Pilgub Jatim
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Antara/Nova Wahyudi

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, diagendakan teleconference dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada pukul 14.00 WIB nanti. Komunikasi ini dilakukan sehari sebelum PDI Perjuangan mengumumkan jagoannya di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Ada apa?

"Hanya Ibu Megawati yang mengetahui tentang hal-hal yang akan didialogkan dengan Ibu Risma," kata Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu 14 Oktober 2017.

Namun, Hasto menyebut Megawati ingin meminta pandangan politik dan pendapat Risma yang tengah berada di Tokyo soal Pilgub Jatim. Risma, kata Hasto, memiliki posisi penting di mata Megawati.

"Maka dalam pengambilan keputusan tentang cagub/cawagub, DPP PDI Perjuangan sangat mempertimbangkan pendapat Ibu Risma," katanya.


Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Antara/M. Adimaja

Risma juga dianggap telah berjuang keras meningkatkan kemajuan dan kekuatan Kota Surabaya. Keberhasilan Surabaya telah diakui di tingkat kota, provinsi, nasional bahkan internasional. Megawati disebutkan terus berkomunikasi dengan Risma jelang pengumuman deklarasi jagoan PDI Perjuangan di Pilgub Jatim 2018. Isyarat Risma jadi salah satu kandidat kuat pun dilontarkannya.

"Dalam menghadapi Pilgub Jatim, semua survei yang kredibel juga menunjukkan betapa Ibu Risma merupakan pemegang elektoral tinggi. Popularitas dan elektabilitasnya sangat tinggi," kata Hasto berisyarat.

Dalam Pilkada Kota Surabaya 2015, Risma berhasil memenangkan suara hati rakyat dan terpilih kedua kali. Perolehan jumlah suaranya pun sangat meyakinkan, sebesar 86,3 persen.

Megawati akan mengumumkan langsung cagub dan cawagub yang bakal diusung dalam Pilgub Jatim 2018, di Kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu 15 Oktober 2017 siang.


(SUR)